Informatika: Pengertian, Dampak, dan Manfaat

Informatika: Pengertian, Dampak, dan Manfaat

tribunwarta.com – Seiring berjalannya waktu, manusia, pendidikan, bahkan teknologi juga ikut berkembang semakin pesat. Terdapat berbagai kemudahan-kemudahan dari adanya perkembangan-perkembangan tersebut. Terutama dalam bidang teknologi dan informasi.

Semakin canggihnya perkembangan teknologi dan informasi banyak bidang pun diuntungkan akan hal ini. Bahkan tidak sedikit peran manusia yang tergantikan akibat banyak peralatan yang dapat mengambil alih beberapa pekerjaan manusia.

Tidak hanya itu, saat ini bahkan teknologi informasi masih tetap dikembangkan dan terus berinovasi menghasilkan berbagai hal lainnya. Pembahasan tersebut banyak diulas dalam bidang Informatika .

Berikut KompasTekno telah merangkum pengertian, dampak, serta manfaat yang diberikan oleh bidang ilmu informatika terhadap kehidupan sehari-hari.

Pengertian Informatika

Dalam dunia akademis informatika diartikan sebagai ilmu yang berhubungan dengan aktivitas pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran sebuah pengetahuan.
Sementara dalam perguruan tinggi negeri, Anda akan mengenal jurusan teknik informatika.

Tidak jauh berbeda dengan pengertian sebelumnya, dalam jurusan tersebut menerapkan penggunaan komputer untuk menangani hal-hal terkait pengolahan data. Informatika berhubungan erat dengan teknologi informasi, seperti komputer, internet, pemrograman dan lain sebagainya.

Selain itu informatika juga berhubungan dengan komputasi atau perhitungan yang menggunakan mesin. Hal ini biasanya menyangkut pengolahan data dalam jumlah besar yang digunakan untuk mendapatkan sebuah informasi.

Informatika memiliki beberapa bidang ilmu, seperti sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer, aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen, keamanan informasi, dan informatika sosial.

Dampak Informatika

Dalam setiap bidang kehidupan pengaruh yang kuat bisa mendatangkan sebuah dampak positif dan negatif. Berikut dampak positif dari adanya bidang informatika.

Kemudahan berkomunikasi

Adanya bidang ilmu informatika membuat manusia memiliki pengetahuan dan berinovasi untuk mengembangkan teknologi. Hal berdampak pada adanya kemudahan komunikasi dengan banyak orang meskipun keduanya tidak dalam satu tempat.

Mengetahui budaya luar

Manusia juga diuntungkan dengan mendapat pengetahuan budaya luar baik nasional maupun internasional tanpa harus pergi ke daerah asalnya.

Kemudahan menyebarkan karya

Teknologi informasi yang terus berkembang, memberikan kemudahan bagi siapapun untuk menyebarkan karya agar diketahui oleh banyak masyarakat.

Selain dampak positif, juga terdapat dampak buruk dari adanya informatika. Berikut dampak negatif dari adanya bidang informatika.

Marak penyebaran hoaks

Perkembangan teknologi yang tidak diiringi dengan pengetahuan masyarakat yang baik, memberikan kemudahan untuk penyebaran hoaks. Mengingat banyaknya hoax yang tersebar melalui internet dan media sosial.

Ujaran kebencian

Kemudahan akses informasi juga berdampak pada penyalahgunaan yang mengakibatkan maraknya ujaran kebencian di media sosial. Biasanya ujaran kebencian ditujukan untuk individu tertentu, organisasi, lembaga, pejabat, suku, ras, dan lain sebagainya.

Konten negatif

Mudahnya penyebaran karya di internet maupun media sosial juga memberikan dampak negatif dengan penyebaran konten-konten negatif berupa pornografi, radikalisme, dan penghinaan.

Hal ini bisa memberikan dampak yang lebih buruk lagi kepada masyarakat yang tidak mempunyai banteng pengetahuan yang kuat.

Manfaat informatika

Selain memiliki dampak kepada masyarakat baik positif dan negatif, adanya bidang informatika juga memberikan manfaat bagi beberapa bidang.

Dalam bidang bisnis

Adanya kemudahan akses informasi, membuat kemudahan bagi sejumlah pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran. Selain itu konsumen juga dapat dengan mudah mencari barang atau layanan jasa yang dibutuhkan melalui platform-platform yang ada.

Dalam bidang pendidikan

Murid-murid juga bisa dengan mudah mengakses pengetahuan dari berbagai media sosial dan internet. Informatika juga membawa sistem Pendidikan baru berbasis e-learning dan pengerjaan tugas berbasis IT .

Dalam bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan para staf diberikan kemudahan pengarsipan catatan kesehatan pasien yang dicatat dalam sebuah komputer.

Sistem booking kamar untuk pasien pun semakin mudah dan cepat hanya dengan memasukkan data-data pasien tanpa harus berulang kali mencatat identitas pasien.

Dalam bidang perbankan

Bidang perbankan diuntungkan dalam sejumlah aktivitas pembayarannya. Bahkan hampir semua pengguna layanan bank diuntungkan dengan adanya kemudahan melalui transaksi mobile atau e-banking.

Selain itu pihak bank juga memberikan layanan pembuatan rekening secara online tanpa harus datang ke kantor hingga mengantri berjam-jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!