INDEF: Transportasi Online Resilien, Gojek Pimpin Pasar

INDEF: Transportasi Online Resilien, Gojek Pimpin Pasar

tribunwarta.comJakarta, CNBC Indonesia – Riset yang dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menemukan bahwa tingginya kebutuhan masyarakat menjadi faktor pertumbuhan sektor transportasi online. Tak hanya itu, faktor lainnya adalah banyaknya pelaku usaha yang memanfaatkan jasa layanan logistik online.

Riset yang dipublikasikan pada Rabu 7 Desember ini melibatkan 2.310 pengguna dan 1.155 pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial atau social seller di 5 kota besar Indonesia.

“Seiring dengan semakin membaiknya penanganan pandemi, mobilitas masyarakat pulih, yang diikuti peningkatan penggunaan transportasi online meski tanpa promo. Dengan demikian sektor transportasi dan logistik online diperkirakan resilien dan mampu tumbuh di tengah tantangan ekonomi bahkan saat ada potensi resesi,” ujar Direktur Riset INDEF Esa Suryaningrum dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

Dalam riset bertajuk “Perkembangan Industri dan Persepsi Konsumen Jasa Transportasi dan Logistik Online” ini juga menunjukkan bahwa sebanyak 80% pengguna jasa layanan transportasi online akan menambah frekuensi penggunaan dan 90% social seller menyatakan adanya peningkatan penggunaan setelah pandemi dan ke depannya.

Adapun pada kedua industri, Gojek meraih tingkat kepuasan pengguna lebih tinggi dari pemain lain dan rata-rata industri.

“Untuk transportasi online, responden memberikan skor kepuasan di atas rata-rata industri bagi Gojek pada semua indikator-indikator prioritas. Terutama pada kemudahan penggunaan aplikasi, yang mana Gojek mendapatkan skor 3,39. Lebih tinggi dari rata-rata industri yang mendapatkan skor sebesar 3,30,” tambah Esa.

Sementara dalam penilaian pelaku usaha, Gojek menjadi brand yang paling memuaskan dibandingkan layanan logistik online lainnya, i mana GoSend, layanan logistik online Gojek, dianggap paling meningkatkan produktivitas para social seller karena pelayanannya yang efisien, aman, dan mudah digunakan.

Konsensus responden memberikan nilai GoSend sebesar 3,17 dalam penggunaan aplikasi atau lebih tinggi dari rata-rata industri yaitu di angka 3,04.

“Kemampuan memberikan kepuasan atas faktor tersebut yang membuat sebuah brand dapat meraih kepercayaan tertinggi dari konsumen. Konsistensi dalam men-deliver atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan inilah yang pada akhirnya akan menciptakan consumer experience atau pengalaman konsumen yang menyenangkan dan membuat konsumen setia untuk terus menggunakan brand tersebut,” kata Esa.

Kebutuhan

Beberapa riset yang dikemukakan INDEF di antaranya layanan transportasi dan logistik online sudah menjadi kebutuhan karena 80% pengguna transportasi online menyatakan akan tetap menggunakan layanan meski tidak ada promo.

Rata rata responden mengeluarkan biaya antara Rp 50,000,- sampai Rp. 250.000,- serta frekuensi penggunaan 4 – 12 kali setiap minggunya.

Selain itu, 86% social seller merasa produktivitas bisnisnya meningkat dengan adanya layanan logistik online, dengan rata rata penggunaan 7 – 9 kali setiap minggunya, bahkan 20% responden menggunakan hingga lebih dari 12 kali setiap minggu.

Hasil riset lain adalah manfaat utama yang dirasakan pengguna transportasi online. Sebanyak 73% responden menyatakan menggunakan layanan transportasi online mampu meningkatkan produktivitas dan memberikan penghematan biaya bahan bakar dan parkir. Sementara sebanyak 45% menyatakan layanan transportasi online sudah memberikan kenyamanan dengan mitra pengemudi yang profesional dan bisa diandalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!