Heboh Elon Musk Mau Pasang Chip di Otaknya

Heboh Elon Musk Mau Pasang Chip di Otaknya

tribunwarta.com – Bisnis teknologi kesehatan Elon Musk, Neuralink, membagikan pembaruan pada teknologi implan otaknya. Dalam acara “show and tell” Musk mengatakan bahwa dia berencana untuk mendapatkan salah satu implan itu sendiri.

Musk mengatakan dua dari aplikasi perusahaan bertujuan untuk memulihkan penglihatan, bahkan untuk orang yang lahir buta. Sementara aplikasi ketiga akan berfokus pada korteks motorik, memulihkan fungsi tubuh untuk orang dengan sumsum tulang belakang yang terputus.

Neuralink dapat mulai menguji teknologi korteks motorik pada manusia dalam waktu enam bulan

“Kami yakin tidak ada batasan fisik untuk mengembalikan fungsi seluruh tubuh,” kata Musk, dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (2/12/2022).

“Jelas, kami ingin sangat berhati-hati dan yakin bahwa itu akan bekerja dengan baik sebelum menempatkan perangkat pada manusia, tetapi saya pikir kami menyerahkan sebagian besar dokumen kami ke FDA,” imbuhnya.

Musk juga mengatakan dia berencana untuk mendapatkan teknologi chip itu di dirinya sendiri.

“Anda dapat memasang perangkat Neuralink sekarang dan Anda bahkan tidak akan mengetahuinya. Maksud saya, secara hipotetis.. Bahkan, di salah satu demo ini, saya akan melakukannya, ” tuturnya.

Dia menegaskan kembali hal itu di Twitter setelah acara tersebut.

Karena tidak ada perangkat Neuralink yang telah diuji pada manusia atau disetujui oleh FDA, pengumuman tersebut menimbulkan keraguan.

“Neuralink adalah perusahaan [yang] tidak harus bertanggung jawab kepada pemegang saham,” ujar Xing Chen, asisten profesor di Departemen Oftalmologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh.

“Saya tidak tahu berapa banyak pengawasan yang terlibat, tetapi menurut saya sangat penting bagi publik untuk selalu mengingat bahwa sebelum sesuatu disetujui oleh FDA, atau badan pengawas pemerintah mana pun, semua klaim harus sangat, sangat diperiksa secara skeptis.” lanjutya.

Neuralink didirikan pada 2016 oleh Musk dan sekelompok ilmuwan dan insinyur lainnya. Perusahaan itu berusaha untuk mengembangkan antarmuka otak-komputer, atau BCI, yang menghubungkan otak manusia ke komputer yang dapat menguraikan sinyal saraf.

Musk menginvestasikan puluhan juta kekayaan pribadinya ke perusahaan dan mengatakan bahwa perangkat Neuralink dapat mengaktifkan “kognisi manusia super”, memungkinkan orang lumpuh untuk mengoperasikan ponsel pintar atau anggota tubuh robot dengan pikiran mereka suatu hari nanti, dan bisa menghilangkan autisme serta skizofrenia .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!