Google Permudah UKM Lokal Kelola Bisnis dengan Workspace Individual

Google Permudah UKM Lokal Kelola Bisnis dengan Workspace Individual

tribunwarta.com – Google meluncurkan layanan Google Workspace Individual bagi pemilik Usaha Kecil Menengah ( UKM ) yang ada di Indonesia , Rabu (26/10/2022).

Peluncuran tersebut disebut akan mempermudah para pemilik usaha dalam memperluas, mengembangkan, menjalankan, dan melindungi usaha yang sedang dijalankan.

Fitur-fitur yang ditawarkan ke pemilik usaha antara lain layanan Gmail, Docs, Meet, dan Calendar yang bisa digunakan untuk membuat jadwal rapat, melakukan rapat online, membuat e-mail pemasaran yang dapat dipersonalisasi, dan sejumlah fitur lainnya.

“Pelanggan dapat dengan mudah mengelola semua agenda pribadi dan profesional mereka dari satu tempat, dengan akses ke bantuan Google untuk mendapatkan solusi yang maksimal dari kegiatan yang akan dijalani,” jelas Google dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Senin (27/10/2022).

Namun, perbedaan layanan yang ditawarkan akan berbeda dengan pelanggan tidak berbayar. Melalui Google Workspace Individual ini, pemilik usaha dapat mengakses penyimpanan cloud di Google sebesar 1 TB. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa memanfaatkan fitur-fitur premium yang ada.

Sebagai gambaran, umumnya pengguna yang tidak berlangganan hanya mendapat menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB saja. Jadi, penggunaan layanan Google yang ditawarkan lebih terbatas.

Berdasarkan klaim perusahaan, pengguna dapat menyimpan lebih dari 100 jenis file di Google Drive, termasuk file PDF, computer-aided design (CAD), gambar.

Fitur lainnya, perusahaan juga mengumumkan fitur bernama mode multi-kirim. Fitur tersebut memungkinkan pemilik usaha untuk mengirimkan email dalam jumlah yang banyak sekaligus, tetapi tetap menjaga privasi dan keamanan data.

Mode tersebut disebut cocok untuk mengirim email berupa pengumuman ataupun buletin. Jadi, pemilik usaha dapat mengirim email gabungan melalui fitur mode multi-kirim dengan menambahkan (handle) @namadepan di e-mail.

Tujuan dari penambahan fitur ini dilakukan agar penerima pesan dapat merasa spesial dan dekat karena handle yang dituliskan dibuat secara personal hanya untuk masing-masing penerima.

Para pelaku usaha yang memanfaatkan layanan ini juga dapat langsung berkolaborasi dan mengedit file Microsoft Word melalui layanan Google, tanpa harus mengonversi format dari file tersebut.

Adapun untuk meningkatkan perlindungan dan keamanan data, Google Drive akan dilengkapi dengan perlindungaan bawaan terhadap virus-virus berbahaya, seperti malware, spam, hingga ransomware.

“Jad, Anda tidak perlu khawatir apabila secara tidak sengaja membuka membuka dokumen yang membawa malware,” tambah Google.

Fitur terakhir adalah, layanan premium Google kali ini bakal menghadirkan e-signature di Google Docs. Pengguna dapat melakukan tanda tangan digital, misalnya saat membuat surat kontrak, dan lainnya.

Sebelum mendaftar dan berlangganan, fitur ini dapat dijajal selama 14 hari. Untuk melakukan pendaftaran bisa klik tautannya , sedangkan untuk mencoba fitur premium tersebut klik .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!