Fitur Baru Google Messages Mirip WhatsApp

Fitur Baru Google Messages Mirip WhatsApp

tribunwarta.com – Google memperluas dukungan penggunaan emoji untuk bereaksi atau menanggapi chat di aplikasi Messages. Sekarang, pengguna Messages bisa memakai emoji apa pun untuk menanggapi chat menggunakan fitur emoji reaction.

Sebelumnya Google hanya menyediakan tujuh emoji yang bisa dipilih pengguna ketika memakai fitur emoji reaction. Namun dengan dukungan baru ini, pengguna kini bebas memakai emoji apa saja.

Untuk saat ini, perluasan fitur emoji reaction di Google Messages masih dalam tahap uji coba ke sejumlah pengguna beta. Jadi, tidak semua pengguna kebagian fitur ini.

Karena masih dalam tahap uji coba, tampilan emoji pada aplikasi Messages di luar emoji yang sudah didukung sebelumnya juga berbeda, khususnya pada ponsel yang belum kebagian pembaruan.

Seperti laporan dari The Verge dikutip KompasTekno, Senin (28/11/2022), yang menyebutkan bahwa emoji baru yang digunakan pengirim pesan bisa tampil dengan baik meskipun ia belum bisa memakai emoji yang sama.

Sementara pengguna lainnya mendapati bahwa emoji reaction tampil sebagai pesan terpisah, meskipun sebenarnya item tersebut dikirim untuk menanggapi chat.

Praktik yang sama juga berlaku ketika pengguna menggunakan emoji reaction untuk pesan dari pengguna iPhone. Pasalnya, sistem yang digunakan aplikasi pesan milik Google untuk Android berbeda dengan Apple.

Google memakai protokol RCS untuk menggantikan sistem SMS dan MMS. Sayangnya Apple enggan menyeragamkan sistem tersebut pada aplikasi iMessage, sehingga perbedaan teknis ini turut memengaruhi praktik pertukaran pesan antar pengguna termasuk soal emoji reaction.

Dukungan aneka emoji untuk emoji reaction sendiri sudah mulai muncul sejak September, dihimpun KompasTekno dari 9to5Google. Namun sejauh ini belum diketahui kapan fitur emoji reaction dengan berbagai emoji akan digulirkan Google untuk Messages dalam versi stabil.

Mirip emoji reactions WhatsApp

Dukungan aneka emoji di Google Messages ini persis seperti yang dilakukan aplikasi pesan lainnya termasuk WhatsApp dan Telegram.

Di WhatsApp, awalnya pengguna hanya bisa memakai enam emoji untuk menunjukkan reaksi atas sebuah chat. Namun kemudian WhatsApp memperluas dukungannya, sehingga pengguna bebas memakai emoji mana pun.

Dukungan aneka emoji di untuk menanggapi chat di WhatsApp diumumkan CEO Meta, Mark Zuckerberg pada Juli 2022. Dalam pengumumannya, Zuckerberg berkata bahwa Whatsapp menyediakan opsi emoji apa pun sebagai “Reactions”.

Zuckerberg juga membeberkan emoji-emoji kesukaannya sebagai Reactions, yakni emoji muka robot, kentang goreng, pria yang sedang surfing, emoji memakai kacamata hitam, angka 100, dan emoji fist bump.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!