Fitur Add Topics di Instagram dan Cara Menggunakannya

Fitur Add Topics di Instagram dan Cara Menggunakannya

tribunwarta.com – Pada September 2022 lalu, media sosial Instagram menguji coba sebuah fitur baru yang bernama “Add Topics”. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menambahkan jenis topik dari konten Reels yang diunggah.

Fitur “Add Topics” ini juga dapat digunakan untuk menjangkau audiens lain ataupun meningkatkan performa dari konten yang dipublikasi. Tidak hanya itu, fitur tersebut juga berguna untuk membantu pengguna terkoneksi dengan lebih banyak orang yang memiliki minat serupa.

Jadi, ketika ingin menggunggah konten Reels, pengguna harus memilih tiga topik. Tiga topik yang dipilih harus memiliki korelasi yang konten yang diunggah. Pilihan topik yang tersedia setidaknya ada 15 topik.

Topik-topik tersebut, antara lain “Fashion and Beauty”, “Animals”, “Transportation”, “Food and Drink”, “Visual Arts”, “Travel”, “Sports”, “Science and Tech”, “Relationships”, “Performing Arts”, “Games”, “TV and Movies”, “Home and Garden”, “Business”, dan “Education”.

Dari topik utama di atas, Instagram juga menawarkan sub-topik yang spesifik. Sehingga memudahkan pengguna untuk memilih topik yang lebih detail untuk konten yang mereka unggah.

Selain meningkatkan engagement dari Reels, kehadiran fitur ini juga secara tidak langsung membantu algoritma Instagram dalam menyuguhkan konten-konten ke penggunanya.

Secara keseluruhan, cara kerja dari fitur “Add Topics” ini cukup serupa dengan hashtags (tagar/tanda pagar). Sebelumnya, pengguna yang ingin meningkatkan jumlah likes atau ingin menarik pengguna lain melihat/menonton konten yang diunggah, perlu menyertakan hashtags di dalam caption.

Namun, ternyata menurut CEO Adam Mosseri, penggunaan hashtags sudah tidak lagi relevan dan memiliki dampak yang signifikan. Bahkan nyaris tidak berfungsi untuk meningkatkan engagement konten.

“Tentu hashtags penting. Beberapa orang masih mengunjungi laman Pages. Jadi, menambahkan hashtags ke konten foto ataupun video masih (dinilai) baik,” ujar Mosseri dalam Instagram Stories (handle @mosseri) pada September lalu, yang diunggah ulang oleh pengulas aplikasi Matt Navara di Twitter (handle @MattNavarra).

“Namun, itu (tagar) tidak lagi dijadikan sebagai “senjata utama” dan dimohon untuk tidak menambahkan 50 hashtags ke semua konteh yang diunggah. (Karena) tidak akan ada seorang pun yang melihat dan itu tidak membantumu untuk menjangkau pengguna lain,” pungkas Mosseri.

Maka dari itu, kehadiran fitur tersebut bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menjangkau lebih banyak pengguna baru. Fitur ini juga coock untuk pengguna yang menggunakan akun Instagram untuk berbisnis, seperti konten kreator, toko online, dan sebagainya.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini masih belum digulirkan ke seluruh pengguna. Hanya beberapa akun tertentu saja yang bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Kendati begitu, tidak ada salahnya mengenal fitur baru ini terlebih dahulu sambil menunggu fitur ini digelontorkan secara bertahap ke seluruh pengguna. Berikut adalah cara untuk menggunakan fitur “Add Topics” di Instagram

Cara menggunakan Add Topics Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  • Klik ikon “+” di kanan atas
  • Pilih “Reels” sebagai jenis konten yang ingin diunggah
  • Pilih video atau konten dari galeri foto pada ponsel
  • Klik “Next”, lalu “Next lagi”
  • Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman lain untuk menulis caption. Gulir layar ke bawah sampai menemukan “Add Topics”
  • Pilih tiga topik yang sesuai
  • Jika sudah, klik “Share”

Demikian cara menggunakan fitur Add Topics di Instagram . Fitur ini memudahkan pengguna untuk memilih topik yang lebih detail untuk konten yang mereka unggah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!