Daftar Aplikasi Membuat Video Animasi di PC Gratis

Daftar Aplikasi Membuat Video Animasi di PC Gratis

tribunwarta.com – Animasi itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu 2D dan 3D. Setiap anak kuliah jurusan desain pasti paham, kalau membuat animasi itu perlu sebuah aplikasi PC. Selain itu membuat animasi berupa video tidaklah mudah karena sangat menghabiskan banyak waktu. Bahkan perlu waktu hingga 2 bulan atau lebih hanya untuk sekedar membuat 1 animasi video 3d dengan durasi 1 menit saja, meskipun lama pembuatan tergantung dari kualitas animasi tersebut.

Makanya tidak mengherankan bila banyak sekali aplikasi membuat animasi yang bisa digunakan. Meskipun hampir sebagian besar aplikasi tersebut berbayar. Hanya sebagian kecil saja yang bisa digunakan secara gratis tanpa biaya, berikut adalah beberapa daftar aplikasi untuk membuat animasi secara gratis terbaik yang dilansir dari Indo Times .

Kumpulan Aplikasi Membuat Video Animasi Terbaik

K-3D

Aplikasi pertama adalah bernama K-3D yang sangat cocok dipakai untuk para animator pemula atau professional, dimana aplikasi ini memiliki navigasi yang tidak terlalu rumit dan mudah digunakan. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah memiliki lisensi GNU public, yaitu lisensi yang biasa ada pada sebuah software yang mengijinkan penggunaannya untuk melakukan berbagai penelitian, membagikan sampai memodifikasi software tersebut tanpa batasan.

Banyak sekali fitur animasi 3d dasar yang disediakan oleh aplikasi ini bahkan K-3d sangat mampu digunakan untuk membuat animasi dengan kinerja yang rumit. Selain itu aplikasi ini tersedia di beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac OS, FreeBSD dan Linux/GNU.

Krita

Membuat sketsa, memberikan beragam efek sampai pewarnaan semuanya menjadi lebih mudah dengan aplikasi bernama Krita yang sangat pas digunakan untuk membuat animasi 2D. Aplikasi ini memiliki banyak sekali jenis brush sehingga sangat memudahkan dalam pembuatan digital painting, bahkan krita memiliki asisten menggambar yang sangat membantu pekerjaan menggambar. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para seniman yang baru memulai karir atau memang sudah berpengalaman dalam dunia seni.

OpenToonz

Bila mencari aplikasi membuat video animasi untuk pemula yang paling bagus, maka Opentoonz adalah pilihan yang tepat. Karena aplikasi ini sangat membantu para animator untuk membuat animasi 2d dan sketsa gambar dengan begitu indah. Dilengkapi dengan berbagai efek serta plugin yang sangat membantu dan meringankan pekerjaan membuat ini adalah aplikasi yang tepat untuk mengerjakan proyek kecil ataupun besar.

Pencil2D

Terkadang aplikasi membuat video animasi itu begitu berat ketika dijalankan di sebuah komputer namun tidak dengan Pencil2D yang sangat ringan serta mudah digunakan sehingga pas banget buat para animator pemula. Desainnya yang sangat minimalis dengan interface yang sederhana membuat aplikasi ini mudah dipakai oleh siapapun. Sehingga tidak heran kalau banyak sekali tersedia tutorial online tentang bagaimana cara menggunakannya.

Synfig

Aplikasi open source synfig merupakan salah satu aplikasi membuat animasi video yang menggunakan teknologi “tweenless”, yaitu sebuah teknologi yang berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan animasinya. Aplikasi ini sendiri juga tersedia di banyak platform termasuk windows sampai linux. Selain itu spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya pun tidak besar karena hanya menggunakan ram 2GB saja sudah cukup.

Memilih aplikasi terbaik adalah hal yang wajib karena bisa memudahkan pekerjaan. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, silahkan pilih aplikasi mana yang paling mudah digunakan dan sesuai dengan spesifikasi pc atau laptop yang dimiliki. Semoga membantu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!