Cara Otomatis Hapus Barang Bukti di WhatsApp, Anti Kepo

Cara Otomatis Hapus Barang Bukti di WhatsApp, Anti Kepo

tribunwarta.comJakarta, CNBC Indonesia – Meskipun kini WhatsApp punya fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim, ada kalanya pengguna ingin lebih banyak privasi. Untuk mereka, WhatsApp punya fitur tersembunyi yang bahkan sering disebut bikin selingkuh lebih aman.

Fitur tersembunyi tersebut adalah menyembunyikan pesan atau percakapan secara otomatis yang bernama Disappearing Messages. Jika fitur ini diaktifkan, pesan yang sudah terkirim ke ruang chat terhapus secara otomatis.

Atas peluncuran fitur baru ini, laman Facebook Mark Zuckerberg diserbu oleh netizen. Ada yang memberikan dukungan, ada pula yang menyebut fitur ini membantu perselingkuhan.

“Oye, Anda membantu pasangan saya berbuat curang. Kurasa saya perlu memeriksa ponselnya dalam 90 hari sekarang,” komentar salah satu netizen.

“Wow. [fitur] ini akan mendukung suami yang tidak setia dan selingkuhannya,” tulis netizen lainnya.

Sebetulnya selain urusan privasi, fitur ini juga berguna bagi pengguna yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan ponsel. Terutama, ruang penyimpanan yang habis untuk fail percakapan berukuran besar dari ruang grup WhatsApp atau fail berbentuk gambar dan video.

Fitur Disappearing Messages bisa diaktifkan secara bawaan. Dengan begitu, semua chat yang dikirim akan menghilang sesuai dengan durasi yang telah dipilih.

Perusahaan juga menambahkan opsi baru untuk membuat pesan menghilang pada grup. Namun fitur bersifat opsional serta tidak mengubah apa pun yang sudah ada sebelumnya.

“Pengguna WhatsApp akan punya opsi mengaktifkan Disappearing Messages secara default untuk semua chat. Saat mengaktifkannya, seluruh chat Anda atau orang lain akan diatur untuk menghilang selama durasi yang dipilih,” tulis WhatsApp dikutip Sabtu (29/10/2022).

“Dan kami telah menambahkan opsi baru saat membuat chat group yang memungkinkan Anda mengaktifkannya untuk grup yang dibuat. Fitur ini dibuat opsional dan tidak mengubah atau menghapus chat yang sudah ada”.

Saat fitur aktif, maka ada notifikasi soal hal tersebut di chat agar lawan bicara mengetahuinya.

“Ini memperjelas jika bukan masalah pribadi, ini adalah pilihan yang dibuat mengenai cara Anda ingin berkomunikasi dengan semua orang di Whatsapp ke depan,” kata anak usaha Meta itu.

Di saat bersamaan, WhatsApp juga menambah dua durasi untuk pesan menghilang. Saat ini ada 24 jam dan 90 hari, selain opsi 7 hari yang sudah ada sebelumnya.

Untuk mengaktifkan ‘Disappearing Messages’, dengan cara membuka Pengaturan/Setelah WhatsApp > klik Akun > Privasi > Timer pesan default, terakhir pilih durasi. Jika opsi tidak ada, pengguna harus memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

WhatsApp beralasan fitur baru ini memberikan definisi arti layanan pesan pribadi sekarang. Selain itu, membuat perusahaan lebih dekat dengan aktivitas percakapan pribadi.

“Kami percaya disappearing messages dengan end-to-end encryption adalah dua fitur yang mendefinisikan arti menjadi layanan pesan pribadi hari ini, dan membawa kami lebih dekat ke perasaan percakapan antar pribadi,” kata WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!