Cara Mengaktifkan dan Mode “Do Not Distrub” di HP Samsung

Cara Mengaktifkan dan Mode “Do Not Distrub” di HP Samsung

tribunwarta.com – Mode “Do Not Disturb” atau “Jangan Ganggu” adalah fitur yang memungkinkan perangkat untuk berhenti menerima notifikasi suara untuk sementara waktu.

Biasanya, pengguna yang butuh untuk istirahat sejenak, fokus bekerja, belajar, dan sebagainya, bisa memanfaatkan fitur ini agar tidak terdistraksi dengan notifikasi ponsel yang masuk.

Fitur ini berbeda dengan mode Silent karena mode “Silent” masih memungkinkan perangkat menerima notifikasi tanpa suara, sedangkan “Do Not Disturb” benar-benar menghentikan seluruh notifikasi yang masuk. Sehingga ponsel Anda akan tampak seperti tidak terkoneksi dengan internet atau “mati”.

Merujuk pada penjelasan Samsungi di laman Samsung .com, ketika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mengatur berapa lama mode tersebut aktif, mulai dari mengaktifkan mode selama satu jam lebih hingga mematikan mode secara manual.

Fitur ini juga memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk sedikit “memodifikasi” mode tersebut. Misalnya, memilih apakah ingin menyembunyikan jumlah notifikasi yang muncul di aplikasi, mematikan lampu LED sebagai tanda dari notifikasi yang masuk, dan sebagainya.

Fitur ini umumnya hadir di perangkat Android, khususnya Samsung. Akan tetapi, tidak seluruh model Android kebagian fitur ini. Hanya beberapa perangkat saja yang menyediakan fitur “Do Not Disturb”.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur “Jangan Ganggu” di ponsel Anda, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Samsung.com, Kamis (24/11/2022).

Cara mengaktifkan mode “Jangan Ganggu”

  • Buka Pengaturan (Settings) di ponsel
  • Pilih Notifications atau Pemberitahuan
  • Klik “Do Not Disturb” atau “Jangan Ganggu”
  • Nyalakan fitur tersebut, lalu Anda bisa melakukan beberapa peraturan
  • Peraturan yang ditawarkan dapat menentukan jadwal kapan mode tersebut dinyalakan, untuk mengatur itu Anda dapat mengeklik “Turn on as scheduled” atau “Nyalakan sesuai jadwal”, lalu klik “+” (plus)
  • Pengaturan lainnya menentukan aplikasi apa saja yang harus tetap dinyalakan, suara apa saja yang diperbolehkan muncul, atau Anda bisa memilih untuk memblokir seluruh aplikasi.

Cara menyetel jadwal “Jangan Ganggu”

Di laman yang sama, yaitu “Do Not Disturb” terdapat tulisan “Turn on as scheduled” untuk menambah jadwal menyetel mode tersebut.

  • Klik “Turn on as scheduled”
  • Klik ikon plus “+” di kanan atas
  • Tulis judul dari jadwal mode “Do Not Disturb”. Judulnya bisa berupa “Kerja”, “Tidur”, “Belajar”, atau “Sekolah”.
  • Tentukan di hari apa saja Anda ingin mode tersebut menyala secara otomatis. Bisa di hari-hari tertentu, bisa juga satu minggu penuh
  • Setelah itu, tentukan dari kapan mode tersebut diaktifkan dan dinon-aktifkan. Ubah waktunya menyesuaikan kebutuhan masing-masing.
  • Terakhir, pilih “Save” untuk menyimpan jadwal yang sudah diatur tadi.
  • Nantinya sistem secara otomatis mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” sesuai jadwal baru yang sudah dibuat.

Cara mengizinkan aplikasi tetap nyala saat mode “Jangan Ganggu” dinyalakan

Di bagian pengaturan “Do Not Disturb” terdapat pilihan di paling bawah yaitu “Allow exceptions” alias pengecualian.

Kolom tersebut terdiri dari beberapa pilihan seperti, pengecualian terhadap notifikasi panggilan telepon dan SMS, bunyi alarm, dan beberapa suara lainnya.

Misalnya, “Calls from” memungkinkan pengguna untuk mengecualikan notifikasi panggilan suara dari kontak tersebut. Artinya, kontak yang dipilih akan tetap memunculkan notifikasi saat mode “Jangan Ganggu” diaktifkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!