Cara Kerja Fitur Find My untuk Lacak iPhone dan MacBook

Cara Kerja Fitur Find My untuk Lacak iPhone dan MacBook

tribunwarta.com

Sebagaimana tertera di laman resmi , Find My mengandalkan koneksi internet untuk melacak iPhone atau perangkat Apple lainnya yang terhubung dengan akun Apple.

Jika iPhone yang hilang atau hendak dicari tersambung dengan jaringan internet (online), maka sang pencari iPhone tersebut bisa melacak lokasi perangkat secara langsung pada tampilan Maps di aplikasi Find My.

Pengguna lantas bisa memilih perangkat yang dicari, dan mengaktifkan fitur navigasi di Maps untuk langsung diarahkan menuju lokasi perangkat tersebut.

Namun apabila iPhone yang ingin dicari tidak tersambung dengan jaringan internet (offline), maka pengguna akan diinformasikan kapan terakhir kali perangkat tersebut terhubung dengan jaringan internet atau jaringan Find My.

Find My bisa lacak iPhone yang dimatikan atau tidak ada internet?

Secara rinci, ketika iPhone yang hilang dalam posisi offline, maka fitur Find My akan bisa mengirimkan lokasi iPhone tersebut ke iPhone atau perangkat Apple lainnya yang berdekatan.

Apple tidak menjelaskan bagaimana iPhone bisa mengirimkan informasi lokasi dengan perangkat Apple lainnya tanpa koneksi internet.

Namun, cara kerja Find My di posisi iPhone offline ini konon bakal mengandalkan beberapa fitur konektivitas iPhone yang tersedia macam Bluetooth, NFC, dan lain sebagainya .

Biasanya, fitur-fitur seperti ini tidak mengandalkan koneksi internet dan membutuhkan sedikit daya agar bisa berfungsi.

Bahkan, ada informasi yang menyebut bahwa fitur-fitur konektivitas semacam ini bisa aktif selama berjam-jam meski iPhone sudah mati.

Nantinya, iPhone yang menerima sinyal dari iPhone atau perangkat Apple yang hilang ini akan memberitahukan lokasi iPhone, atau informasi terkait lainnya, kepada sang pencari iPhone tersebut.

Menurut informasi yang beredar, pelacakan iPhone yang offline ini bisa dilakukan selama berjam-jam mengandalkan fitur-fitur konektivitas tadi.

Find My bisa aktifkan suara dan diberitahu via notifikasi

Ketika Find My digunakan untuk mencari iPhone yang sedang terhubung dengan koneksi internet, pengguna bisa mengirimkan beragam perintah ke iPhone tersebut untuk mempermudah proses pencarian.

Salah satunya adalah perintah untuk membunyikan nada unik nyaring yang menandakan bahwa iPhone tersebut hilang atau sedang dicari oleh pemiliknya.

Selain suara, layar iPhone yang hilang juga bisa dikunci dari jarak jauh. Dalam posisi ini, layar akan menampilkan pesan bahwa ponsel tersebut sedang dicari.

Kemudian, Apple juga bakal mengirimkan e-mail yang berisi berbagai informasi terkait iPhone yang hilang atau yang sedang dicari tersebut.

Nah, jika posisi iPhone yang hilang atau sedang dicari dalam kondisi offline, maka pengguna yang mencarinya akan diberi informasi kapan terakhir iPhone tersebut terhubung dengan jaringan internet atau Find My.

Pada saat iPhone tersebut sudah mendapatkan koneksi internet, maka pengguna yang mencarinya bakal mendapatkan notifikasi terkait keberadaan iPhone itu.

Find My harus diaktifkan sebelum iPhone hilang

Agar bisa berfungsi dengan normal, pengguna tentunya harus mengaktifkan fitur Find My di suatu perangkat, apabila ingin perangkat tersebut bisa dilacak.

Jika fitur Find My belum diaktifkan di iPhone atau perangkat Apple hilang, perangkat tersebut otomatis tidak bisa dilacak dan masuk atau terdeteksi di jaringan Find My.

Artinya, pengguna harus mengaktifkan fitur Find My di berbagai perangkat Apple mereka, sebelum perangkat tersebut hilang atau hendak dicari.

Cara mengaktifkan fitur Find My

Cara mengaktifkan fitur Find My di berbagai perangkat Apple terbilang cukup mudah. Sebab, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Find My di menu pengaturan akun perangkat.

Namun sebagai referensi, berikut cara mengaktifkan fitur Find My di perangkat iPhone:

  • Pertama-tama, pergi ke menu “Pengaturan”.
  • Lalu, ketuk avatar atau foto profil akun Apple pengguna yang memiliki label “Apple ID, iCloud, iTunes & App Store”.
  • Kemudian, pilih menu “Find My”.
  • Pada tampilan selanjutnya, aktifkan fitur Find My dengan mengubah “tuas” alias toggle di sebelah kanan label “Find My iPhone” menjadi warna hijau.
  • Lalu, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur “Share My Location” untuk membagikan lokasi mereka kepada keluarga atau kerabat yang terhubung dalam fitur Family Sharing.
  • Selesai, iPhone pengguna kini sudah bisa dilacak apabila hilang.

Hanya bisa dipakai di perangkat Apple

Penting untuk diketahui bahwa fitur Find My hanya bisa digunakan di perangkat Apple macam iPhone, iPad, iPod touch, Apple Watch, dan Mac.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mencari keberadaan aneka perangkat Apple yang terhubung dalam satu akun Apple, atau perangkat Apple yang dikategorikan sebagai perangkat milik saudara atau keluarga.

Jika iPhone mereka hilang, misalnya, maka pengguna bisa mencari perangkat tersebut melalui iPad, MacBook, atau iPhone lainnya yang terhubung dengan satu akun Apple.

Nantinya, perangkat Apple yang dipakai untuk mencari iPhone yang hilang bakal bisa mengirimkan perintah kepada perangkat yang dicari, serta mendapatkan informasi lokasi terkini terkait keberadaan perangkat tersebut.

Selain itu, perangkat Apple yang dipakai juga bakal mendapatkan beragam informasi terkait aktivitas perangkat macam terakhir terhubung dengan koneksi internet, terakhir terhubung dengan jaringan Find My, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!