Bulan Depan, Windows 7 dan 8 Tidak Bisa Pakai Chrome Versi Terbaru

Bulan Depan, Windows 7 dan 8 Tidak Bisa Pakai Chrome Versi Terbaru

tribunwarta.com – Senja kala sistem operasi (OS) lawas Windows 7 , Windows 8 , dan Windows 8.1 di depan mata.

Ketiga sistem operasi yang dirilis Microsoft pada tahun 2009, 2012, dan 2013 itu, tidak akan bisa lagi menjalankan peramban ( browser ) Google Chrome versi terbaru mulai bulan depan.

Pasalnya, dalam laman dukungan Google, perusahaan menyatakan bahwa Chrome 109 adalah versi Chrome terakhir yang bisa berjalan di perangkat dengan Windows 7 dan Windows 8/8.1.

Google dijadwalkan merilis versi baru Chrome 110 pada 7 Februari 2023 mendatang. Ini menjadi versi Google Chrome pertama yang mengharuskan perangkat menjalankan sistem operasi minimal Windows 10 atau yang lebih baru.

Google mengatakan, perangkat Windows 7, 8, 8.1 tetap dapat menggunakan browser Google Chrome 109 sebagai versi terakhir yang didukung.

Namun, tiga sistem operasi lawas ini tidak akan lagi mendapatkan Chrome versi terbaru (versi 110 dan selanjutnya) termasuk pembaruan keamanan dari Google.

Penghentian dukungan Google Chrome versi baru ini tampaknya bakal berdampak pada pengguna dengan jumlah yang tak sedikit.

Sebab, meski terbilang OS lawas, Windows 7 dilaporkan masih menjadi OS yang banyak dipakai pengguna. Pada 2021 lalu, Windows 7 ditaksir masih terpasang di 100 juta perangkat.

Kemudian survei yang dilakukan melalui software Lansweeper pada Oktober 2022 terhadap 27 juta perangkat Windows juga menunjukkan bahwa lebih banyak PC yang menjalankan sistem operasi Windows XP, Windows 7 atau Windows 8 ketimbang Windows 11.

Untuk itu, Google mengimbau pengguna Windows 7 dan Windows 8/8.1 untuk segera melakukan upgrade OS ke Windows 10 atau versi terbaru Windows 11 agar tetap bisa menikmati Google Chrome dengan fitur dan keamanan paling update ke depannya.

Menurut laporan Metro, Google semula berencana menyetop dukungan browser Chrome versi terbaru untuk Windows 7, 8, 8.1 pada Juni 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (5/1/2023).

Namun, rencana itu ditunda menjadi Januari 2022. Belum kelakon juga, Google akhirnya menetapkan jadwal baru, yaitu 7 Februari 2023 bersamaan dengan jadwal rilis Google Chrome 110 versi baru.

Microsoft hentikan dukungan Windows 7 dan Windows 8.1

Google mengungkapkan, penghentian dukungan Chrome versi baru untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 ini sejalan dengan penghentian dukungan yang dilakukan oleh Microsoft untuk ketiga OS lawas itu.

Microsoft telah mengumumkan pihaknya bakal menyetop dukungan pembaruan (update), baik update sistem maupun update keamanan untuk Windows 7 dan Windows 8.1 pada 10 Januari 2023.

Selain dukungan pembaruan sistem dan keamanan, Microsoft juga akan menyetop dukungan peramban (browser) Edge 109, yaitu versi terakhir Edge untuk Windows 7 dan Windows 8.

Secara teknis, browser itu masih akan terus berfungsi. Namun, baik Edge maupun Chrome tidak akan menerima pembaruan keamanan atau fitur baru.

Dukungan lainnya yang ikut disetop dari Windows 7 dan Windows 8 yaitu WebView2 – alat yang memungkinkan pengembang menyematkan konten berbasis web ke dalam aplikasi. Dukungan untuk WebView2 akan disetop per 10 Januari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!