Bukan Cuma HP, Kini Ada Mobil Listrik ‘Tenaga’ Snapdragon

Bukan Cuma HP, Kini Ada Mobil Listrik ‘Tenaga’ Snapdragon

tribunwarta.com – Sony Jepang memperkenalkan prototipe kendaraan listrik Afeela. Uniknya mobil itu akan ditenagai chip HP dari Qualcomm Snapdragon.

Afeela, yang merupakan hasil kerja sama Sony dan Honda, diperlihatkan kendaraan yang memiliki sudut membulat dan atap hitam ramping. EV itu hadir di panggung pameran CES (Consumer Electronics Show) 2023 di Las Vegas.

“Untuk mewujudkan mobilitas cerdas, diperlukan pembaruan software terus menerus dan komputasi berperforma tinggi,” kata kepala eksekutif Sony Honda Mobility, Yashuhide Mizuno, dikutip Reuters, Kamis (1/5/2023).

“Untuk itu kami akan bekerja sama dengan Qualcomm”.

Pada Rabu waktu setempat, Qualcomm meluncurkan prosesor baru Snapdragon Ride Flex SoC. Chipset ini memiliki fungsi mengemudi dan kokpit, termasuk dengan hiburan.

Fungsi-fungsi tersebut ditangani sebelumnya oleh chip yang berbeda. Eksekutif Qualcomm menjelaskan menyatukan seluruh fungsi itu dapat membantu memangkas biaya.

Sementara itu, Mizuno menambahkan Afeela akan dilengkapi 40 sensor. Mobil juga menggunakan alat kreasi 3-D Unreal Engine dari Epic Games, pembuat game populer Fortnite.

Kerja sama dengan Sony, membuat Honda mempercepat keinginannya beralih ke mobil listrik. Menurut perusahaan, kendaraan itu akan dibanderol dengan harga premium.

Usaha patungan Sony Group Corp dan Honda Motor Co Ltd bertujuan mengirimkan kendaraan listrik pertama pada awal 2026 di Amerika Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!