Apakah Bisa Nonton Piala Dunia 2022 di TV Tabung Biasa? Begini Penjelasannya

Apakah Bisa Nonton Piala Dunia 2022 di TV Tabung Biasa? Begini Penjelasannya

tribunwarta.com – – Piala Dunia 2022 ( World Cup 2022 ) mulai bergulir sejak 20 November lalu di Qatar. Kendati telah bergulir, sebagian pengguna di Indonesia mungkin belum mengetahui Piala Dunia 2022 bisa ditonton di mana .

Nonton Piala Dunia 2022 salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengakses channel siaran di perangkat TV (televisi). Lantas, Piala Dunia 2022 disiarkan di channel apa saja? Terdapat empat channel penyiar resmi Piala Dunia 2022 di Indonesia dari EMTEK Group.

Adapun empat channel Piala Dunia 2022 itu adalah SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji. Keempat channel Piala Dunia 2022 di Indonesia tersebut menayangkan pertandingan melalui siaran digital secara gratis tanpa perlu berlangganan alias Free-to-Air (FTA).

Dengan siaran digital, pengguna bisa nonton Piala Dunia 2022 dengan kualitas gambar dan audio yang lebih baik dari siaran analog. Lantas, apakah bisa nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung biasa lewat keempat channel tersebut lewat siaran digital?

Untuk diketahui, jenis perangkat TV tabung umumnya tidak bisa langsung digunakan menayangkan siaran digital. Ini dikarenakan TV tabung tidak dibekali dengan fitur bawaan DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial).

Kendati tak bisa langsung dipakai, namun TV tabung tetap bisa digunakan untuk nonton Piala Dunia 2022 lewat siaran digital dengan syarat telah dipasangkan perangkat tambahan STB (Set Top Box) atau Digital TV Box.

STB berfungsi untuk menerima dan mengonversi tayangan digital Piala Dunia 2022 supaya dapat muncul di TV tabung biasa. Dengan STB, TV tabung dapat berubah menjadi layaknya TV digital yang dapat menayangkan siaran digital.

Lantas, bagaimana cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung lewat siaran digital dari SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji.

Cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung

  • Sambungkan antena, STB, dan perangkat TV tabung. Hubungkan kabel antena ke port “ANT IN” yang tersedia di STB. Setelah itu, hubungkan STB dengan TV tabung menggunakan kabel AV (kabel merah, kuning, dan putih).
  • Setelah tersambung semua, silakan nyalakan STB dan TV tabung.
  • Kemudian, masuk ke menu pengaturan TV tabung, pilih mode output tampilan AV dan menu pengaturan STB bakal muncul.
  • Setelah pengaturan menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Di opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Bila pengaturan itu tersedia, silakan isi kode pos sesuai wilayah domisili.
  • Kemudian, silakan tekan opsi “Pencarian Otomatis”. STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar wilayah domisili.
  • Saat proses pemindaian selesai, daftar channel siaran digital yang tersedia bakal muncul di TV tabung.

Dari daftar channel siaran digital yang tersedia, pastikan di dalamnya terdapat channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, dan Moji untuk menonton Piala Dunia 2022. Bila salah satu atau semua channel tersebut tak muncul, coba untuk cek jangkauan sinyalnya di wilayah domisili.

Cara cek jangkauan sinyal siaran digital

Untuk cek jangkauan sinyal siaran TV digital di wilayah domisili, caranya bisa menggunakan aplikasi SinyalTVDigital. Aplikasi ini bisa diunduh melalui (untuk ponsel Android) atau (untuk iPhone).

Di aplikasi ini, pengguna bisa memperoleh informasi lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau di wilayah itu. Lalu, slik “see mux detail” untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV Digital yang tersedia.

Informasi tersebut biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya. Aplikasi ini juga dapat menampilkan daftar channel siaran TV digital yang dapat diakses di wilayah domisili.

Penjelasan cara cek siaran TV digital yang tersedia bisa dibaca lebih lengkap di artikel ini “ ”.

Selain itu, pada aplikasi SinyalTVDigital, terdapat pula peta yang menunjukkan informasi atau legenda kekuatan sinyal siaran TV digital di sebuah wilayah.

Jika wilayah tersebut memiliki sinyal yang kuat maka akan ditandai dengan legenda warna merah di peta. Jika legenda berwarna hijau-kuning maka kekuatan sinyal sedang, sedangkan abu-abu atau biru mengartikan sinyal lemah.

Bila tidak mendapat channel SCTV, Indosiar, Mentari TV, atau Moji, cobalah untuk ubah posisi antena ke arah wilayah dengan kondisi sinyal digital yang lebih kuat, sesuai informasi di peta aplikasi SinyalTVDigital.

Cukup mudah bukan cara nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung biasa? Sebagai informasi tambahan, tidak semua pertandingan Piala Dunia 2022 disiarkan secara serempak atau bersamaan di keempat channel tersebut.

Untuk melihat jadwal pertandingan Piala Dunia 20222 dan pembagian channel TV yang menyiarkannya, silakan lihat di ini. Demikianlah penjelasan seputar nonton Piala Dunia 2022 di TV tabung biasa, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!