7 Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Antisipasi Hujan saat Libur Tahun Baru

7 Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Antisipasi Hujan saat Libur Tahun Baru

tribunwarta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menegaskan terdapat potensi cuaca ekstrem terjadi di sejumlah provinsi selama masa libur Natal dan tahun baru 2023.

Selain BMKG, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga sempat memprediksi cuaca ekstrem 28 Desember 2022 yang terjadi di wilayah Jabodetabek. Cuaca buruk 28 Desember di sejumlah wilayah Indonesia itu dipediksi akan mengalami hujan lebat, angin kencang, hingga petir.

Dilansir dari BRIN menyebutkan bahwa cuaca buruk 28 Desember terjadi khususnya di wilayah Jakarta yang akan mengalangi hujan ekstrem, badai, hingga banjir.

Tentu kabar ini menjadi antisipasi tersendiri bagi masyarakat. Terlebih lagi masyarakat yang sudah merencanakan liburan Natal dan tahun baru 2023.

Agar selalu waspada terhadap prakiraan cuaca di daerah masing-masing. Masyarakat dapat memanfaatkan beberapa aplikasi prakiraan cuaca . Aplikasi ini dapat dengan mudah dan gratis diinstal di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Selengkapnya KompasTekno merangkum tujuh aplikasi prakiraan cuaca untuk antisipasi hujan dan badai.

AccuWeather

Aplikasi prakiraan cuaca ekstrem pertama yang bisa dicoba adalah AccuWeather. Pada layar utama aplikasi ini pengguna bisa menemukan beberapa informasi mengenai prakiraan cuaca.

Seperti prakiraan cuaca yang akan datang, kondisi cuaca terkini, peta radar yang bisa disesuaikan dengan wilayah pengguna.

Di aplikasi ini pengguna bisa mengatur notifikasi peringatan apabila terjadi cuaca buruk. Pengguna juga bisa menyesuaikan lokasi yang ditempatinya.

AccuWeather dapat diinstal di ponsel Android atau iOS secara gratis. Namun perlu diperhatikan bahwa versi gratis akan berisi iklan.

Apabila ingin meniadakan iklan, pengguna bisa berlangganan AccuWeather dengan harga sekitaar 2,99 dolar AS atau setara Rp 41.000. Aplikasi ini bisa diunduh di dan

Dark Sky – Hyperlocal Weather

Aplikasi ini menyuguhkan perkiraan lokal jangka pendek, radar, prakiraan cuaca, dan suhu. Pengguna bisa mengunduhnya secara gratis.

Namun aplikasi ini juga disisipkan iklan. Apabila berlangganan makan dikenakan membayar 3,99 dolar AS atau setara dengan Rp 55.400. Untuk mengunduhnya di Android bisa menuju .

Weather – The Weather Channel

Aplikasi ini menyediakan NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat). Weather memiliki prakiraan cuaca yang signifikan, prakiraan curah hujan, kondisi terkini, laporan aktivitas, hingga kondisi lalu lintas.

Aplikasi ini bisa digunakan di Android dan iOS. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis dengan layanan iklan. Apabila berlangganan pengguna dikenakan biaya 3,99 dolar AS atau setara Rp 55.000. Aplikasi ini tersedia di dan

Weather Underground

Aplikasi ini memberikan informasi cuaca di lingkungan pengguna lebih spesifik. Weather Underground menggabungkan kekuatan National Weather Service dan pelaporan lokal secara real-time dengan lebih dari 250.000 stasiun cuaca.

Layaknya aplikasi lainnya,versi gratis aplikasi ini akan memunculkan iklan. Apabila ingin berlangganan secara tahunan akan dikenakan harga senilai 1,99 dolar AS atau setara dengan Rp 27.000. Untuk mengunduhnya Anda dapat mengunjungi atau .

Info BMKG

Prediksi cuaca besok di Jakarta juga dapat dipantau di aplikasi dari BMKG satu ini. Aplikasi info BMKG merupakan aplikasi keluaran dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Aplikasi ini menyajikan informasi prakiraan cuaca di Indonesia dalam tiga hari ke depan dan seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. Untuk mengunduhnya dapat melalui (Android) dan (iOS).

Carrot Weather

Bagi pengguna iOS dapat mencoba Carrot Weather untuk memprediki cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek. Memiliki layanan yang kurang lebih sama, Namun aplikasi ini memiliki kolom deskripsi dan prediksi, dan gejala yang akan timbul sebelum cuaca terjadi.

Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna perlu berlangganan sekitar 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 69.000. Untuk mengunduhnya dapat menuju .

Situs BMKG

Selain beberapa aplikasi di atas, pengguna juga bisa memanfaatkan situs bmkg .go.id untuk memantau prakiraan cuaca ekstrem 28 Desember 2022 hingga awal Januari nanti. Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan jenis peta.

Situs prakiraan cuaca ini berlaku untuk keesokan hari. Untuk mencoba situs ini dapat mengujungi .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!