6 Tanda Nomor WA Diblokir Seseorang

6 Tanda Nomor WA Diblokir Seseorang

tribunwarta.com – Nomor atau akun WhatsApp (WA) bisa saja diblokir oleh orang lain dengan berbagai alasan. WhatsApp sendiri memang menyediakan fitur untuk memblokir nomor orang lain agar tidak bisa mengirim pesan kepada pengguna yang memblokir.

Untuk mengetahui apakah akun atau nomor WA kita diblokir seseorang sebenarnya cukup mudah. Biasanya, akun WA yang diblokir punya ciri-ciri tersendiri.

Tanda nomor WA atau akun WA diblokir orang lain juga cukup mudah dikenali. Pengguna bisa melihat tanda-tanda nomor WA diblokir saat mencoba mengirim chat kepada pengguna yang diduga telah memblokir kita.

Nah, KompasTekno kali ini akan merangkum enam tanda atau ciri-ciri nomor WA kita diblokir seseorang.

Keenam ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang ini bisa diketahui apabila kita melihat informasi akun, mengirimkan pesan, menelepon, hingga melihat status WA akun yang kita curigai sudah memblokir nomor kita.

Adapun KompasTekno membuktikan keenam ciri-ciri ini dengan mencoba mengirim pesan, melihat aktivitas, serta menelepon suatu akun WA bernama “Akun yang Memblokir Kita”, di mana akun WA ini telah memblokir akun WA utama kami.

Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang

1. Tidak ada status “Last seen” dan “Online”

Ciri-ciri pertama akun kita diblokir seseorang adalah akun WA kita tidak bisa melihat status terakhir membuka WhatsApp alias “Last seen”, serta status aktif alias “Online” dari akun WA yang memblokir kita.

Meski demikian, hal itu bukan penanda utama bahwa akun kita diblokir oleh orang lain. Sebab, status last seen dan online bisa saja disembunyikan oleh akun WA yang kita curigai, tentunya demi melindungi privasinya.

Selain itu, status last seen dan online orang lain juga tak akan bisa kita lihat apabila kita menonaktifkan kedua fitur tersebut di halaman pengaturan privasi WhatsApp.

2. Tidak ada foto profil

Ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang yang kedua adalah tidak tampak adanya foto profil sebuah akun WA.

Nah, jika akun WA yang kita curigai tidak memiliki foto profil, alias menampilkan gambar orang berwarna abu-abu, maka ada kemungkinan akun atau nomor WA kita telah diblokir orang tersebut.

Namun, sama seperti last seen dan online, hal ini bukan berarti akun WA kita diblokir oleh akun WA yang kita curigai.

Sebab, foto profil bisa disembunyikan dari orang lain, atau kontak kita tidak disimpan oleh orang yang kita curigai.

3. Pesan centang satu

Hal lain yang bisa menjadi ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang adalah pesan yang kita kirim hanya memiliki status “centang satu” di bagian bawah kanan tiap percakapan. Biasanya, pesan WA yang berhasil dikirim akan berstatus “centang dua”.

Kendati demikian, hal ini juga bukan berarti akun WA kita diblokir oleh orang lain.

Sebab, bisa saja orang yang sedang kita ajak berbicara sedang tidak mendapatkan sinyal internet atau memang sedang menonaktifkan WhatsApp mereka.

4. Panggilan telepon tidak tersambung

Ciri-ciri lainnya akun WA kita diblokir seseorang adalah panggilan telepon kita tidak berhasil tersambung.

Ketika melakukan panggilan telepon via WhatsApp, telepon yang tersambung akan menunjukkan status “Ringing”. Di sisi lain, telepon yang tidak tersambung akan menunjukkan status “Calling”.

Meski demikian, hal ini bukan juga berarti akun WA kita diblokir seseorang. Pasalnya, sama seperti centang satu tadi, ada kemungkinna bahwa akun WA yang hendak kita telepon tidak memiliki sinyal atau sedang di luar jangkauan.

5. Tidak bisa memasukkan akun WA ke grup

Ciri-ciri akun WA kita diblokir sesorang lainnya adalah tidak bisa memasukkan suatu akun WA ke dalam grup.

Mudahnya, kita bisa memasukkan akun WA yang kita curigai telah memblokir kita ke dalam suatu grup random atau grup baru.

Jika akun WA tersebut sudah memblokir kita, maka akan muncul jendela peringatan “Couldn’t add ….. (nama akun WA yang memblokir kita)”, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

6. Tidak bisa melihat status WA

Tak bisa melihat status WA seseorang juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa akun tersebut sudah memblokir kita.

Namun, hal ini bisa saja bukan pertanda bahwa seseorang sudah memblokir kita di WhatsApp. Sebab, status WA bisa saja disembunyikan oleh orang tersebut supaya tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Ada ciri-ciri lainnya, tapi…

Nah, selain enam ciri-ciri di atas, ada beberapa indikator lainnya yang tentunya bisa menandakan bahwa akun WA kita telah diblokir oleh seseorang.

Namun, sejumlah indikator tersebut belum diketahui secara pasti, lantaran memang tidak diumbar oleh WhatsApp demi melindungi privasi pengguna.

“Kami sengaja membuat indikator pemblokiran ambigu untuk melindungi privasi Anda ketika memblokir seseorang. Oleh karena itu, kami tidak dapat memberi tahu Anda jika seseorang telah memblokir Anda,” jelas WhatsApp, dikutip KompasTekno dari FAQWhatsApp, Selasa (22/11/2022).

Meski dianggap ambigu, besar kemungkinan akun WA kita telah diblokir oleh seseorang, terlebih apabila kita merasakan seluruh ciri-ciri akun WA kita diblokir seseorang yang sudah disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!