6 Perbedaan Play Store dan App Store

6 Perbedaan Play Store dan App Store

tribunwarta.com – Play Store dan App Store berfungsi untuk menyediakan daftar aplikasi yang dapat diinstal pada perangkat teknologi.

Begitu juga berdasarkan tujuannya Play Store dan App Store bertujuan untuk mencari, mengunduh, dan memasang aplikasi yang dikehendaki oleh pengguna. Play Store dan App Store pun memiliki beberapa elemen yang sama.

Seperti deskripsi aplikasi, ikon atau logo, tangkapan layar atau galeri gambar, ulasan, dan video atau cuplikan terkait aplikasi. Meskipun begitu Play Store dan App Store memiliki karakteristiknya masing-masing yang dapat menunjang kinerja perangkat.

Keduanya pun tidak bisa dibandingkan karena memiliki sistem kerja yang berbeda pada perangkat. Untuk melihat perbedaan antara kedua ekosistem ini berikut KompasTekno telah merangkum perbedaan antara Play Store dan App Store.

Jenis aplikasi

Salah satu perbedaan antara Play Store dan App Store adalah jenis aplikasi. Sebagian besar aplikasi iOS dapat bekerja dengan lancar di perangkat iPad dan iPhone . Akan tetapi App Store lebih banyak membuat aplikasi yang diperuntukkan bagi iPhone dibandingkan dengan iPad.

Oleh karena itu tidak semua aplikasi dalam App Store dapat digunakan di iPad dan juga iPhone. Sementara pada Android semua aplikasi yang ada di Play Store mendukung sejumlah besar smartphone dan tablet. Tidak ada perbedaan antara aplikasi yang digunakan dalam tablet maupun smartphone.

Kategori aplikasi

Google Play Store membagi daftar aplikasi ke dalam sejumlah kategori. Seperti arkade, balapan, kartu, kasino, kata, papan, pendidikan, teka-teki, trivia, dan lain sebagainya.

Sementara App Store baru mulai menerapkan sistem kategori seperti yang ada di Play Store. Oleh karena itu, banyak penilaian bahwa Play Store lebih maju dibandingkan dengan App Store.

Ulasan

Play Store mengintegrasikan setiap ulasan aplikasi dengan Google+, sehingga menambah efisiensi pencarian. Selain itu, hal tersebut juga memudahkan pengguna untuk memiliki gambaran terhadap aplikasi yang akan mereka unduh.

Saat ini App Store juga telah menambahkan Google+ ke dalam sistem pencarian, sehingga pengguna dapat membaca review terkait aplikasi yang akan diunduh.

Keamanan

Banyak pengguna teknologi komunikasi mengklaim bawah App Store lebih aman dibandingkan dengan Play Store. Keamanan tersebut disebabkan karena App Store membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meninjau aplikasi apapun sebelum mengunggahnya di platform urama.

Kriteria pengawasan App Store didasarkan pada standar kualitas tinggi sehingga peninjauan terhadap aplikasi juga memakan waktu lama. Sementara Google Play Store berisi aplikasi dengan kualitas rendah yang tidak membutuhkan proses peninjauan dan pengunggahan serumit App Store.

Ramah pengembang

Aplikasi yang ada di App Store didasarkan pada jaminan kualitas. Sementara Google Play Store lebih ramah pengguna. Oleh karena itu App Store dikatakan lebih ramah pengembang, karena pengembang tidak perlu berurusan dengan aplikasi yang mungkin memiliki banyak virus di dalamnya atau perlu membenahi hal yang rumit.

Berbeda dengan App Store, meskipun Play Store tidak ramah pengembang, akan tetapi Play Store lebih ramah dan mudah digunakan oleh pengguna. Aplikasinya pun dapat digunakan pada jenis smartphone apa saja.

Pendapat pengguna

Meskipun kedua ekosistem ini memiliki sejumlah perbedaan pada beberapa aspek seperti tata letak, keamanan, hingga jenis aplikasinya sendiri, akan tetapi masing-masing pengguna baik pengguna Android maupun iOS merasa puas dengan toko aplikasi masing-masing.

Pengguna Android puas akan pengorganisasian kategori yang ada dalam Play Store, sehingga lebih terorganisir. Tidak hanya itu, pengguna juga puas akan banyaknya aplikasi yang ditawarkan oleh pengembang dalam Google Play serta bermacam-macam game yang luar biasa.

Sementara itu pengguna iOS merasa puas dengan keseluruhan produk yang ada di App Store. Meskipun aplikasi yang digunakan dalam beberapa produk Apple berbeda-beda, tidak sedikit pengguna yang menggunakan beberapa perangkat Apple yang berbeda.

Dua ekosistem yang dikembangkan oleh ahli berbeda dan digunakan pada perangkat yang berbeda akan selalu menemui kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga tidak dapat disamakan. Itulah perbedaan antara Play Store dan App Store. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!