News  

Warga Pulau Seribu diajak pakai bongsang gantikan plastik

Warga Pulau Seribu diajak pakai bongsang gantikan plastik

Bongsang itu dibagikan kepada masyarakat maupun panitia kurban

Jakarta (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (Baznas Bazis) Kepulauan Seribu mengajak warga setempat memakai wadah daging kurban berupa anyaman dari bambu atau bongsang untuk menggantikan kantong plastik pada Idul Adha 1443 Hijriah.

“Bongsang itu dibagikan kepada masyarakat maupun panitia kurban melalui kelurahan sebagai wadah daging,” kata Koordinator Baznas Bazis Kepulauan Seribu Ridwan Malik di Jakarta Utara, Selasa.

Ridwan mengaku, pihaknya menyediakan kemasan ramah lingkungan itu sebanyak 5.000, sebagai upaya menindaklanjuti Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Bongsang akan dibagikan sesuai kebutuhan enam kelurahan di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan sebagai wadah daging 35 hewan kurban yang akan dikirimkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu untuk Idul Adha 1443 Hijriah dari dermaga Kaliadem, Penjaringan, Jakarta Utara pada 7 Juli.

Ke-35 ekor hewan kurban tersebut, di antaranya 26 ekor kambing dan sembilan ekor sapi, akan diperiksa kesehatannya dulu di dermaga sebelum dikirim menggunakan kapal tradisional.

Tujuannya ke sebelas pulau permukiman di Kepulauan Seribu seperti di Kepulauan Seribu Selatan ada Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Payung dan Pulau Tidung.

Sedangkan di Kepulauan Seribu Utara ada Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Sabira.

Baca juga: Pemkot Jaksel sebar 1.600 bongsang’ daging hewan kurban

Baca juga: Baznas Jakarta Timur distribusikan bongsang untuk daging kurban

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *