News  

Tips Meningkatkan Perfoma Smartphone Android yang Lemot, Mudah Banget

Tips Meningkatkan Perfoma Smartphone Android yang Lemot, Mudah Banget

JawaPos.com – Smartphone Android terasa lambat dalam merespons perintah saat sudah lumayan lama digunakan. Smartphone yang lemot ini memang kadang bikin jengkel. Misalnya saat sedang diburu waktu, kondisi ponsel malah tiba-tiba tidak bisa diajak berkompromi.

Menurunnya kecepatan smartphone, khususnya yang menggunakan sistem operasi atau OS Android bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa karena pembaruan, aplikasi, dan bulan yang telah berlalu sejak menginstal. Kemudian bisa juga karena sudah ponsel tidak sering di-restart, dan faktor lainnya.

Jika mulai memperhatikan tanda-tanda kelemahan semacam ini, ada baiknya untuk melakukan beberapa tips berikut ini. Dilansir dari Gizchina, beberapa tindakan bisa diambil untuk mengembalikan performa ponsel pintar yang terasa melambat. Misalnya, dengan mematikan semua animasi dan transisi. Caranya, aktifkan opsi pengembang di ponsel cerdas jika belum melakukannya. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan, pilih Tentang telepon, lalu ketuk tujuh kali nomor Build yang muncul di bagian bawah layar.

Perlu diketahui bahwa judul menu dapat bervariasi tergantung pada smartphone yang Anda gunakan. Anda harus menavigasi ke Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > Nomor pembuatan, misalnya, pada ponsel cerdas Samsung.

Memasukkan kode buka kunci akan memungkinkan Anda mengonfirmasi aktivasi opsi pengembang. Jika semuanya berjalan dengan baik, pesan yang mengatakan “Anda sekarang adalah pengembang” akan muncul di bagian bawah layar. Kemudian buka menu Opsi Pengembang. Perangkat Anda mungkin memiliki lokasi yang berbeda untuk menu Opsi Pengembang. Pada perangkat Samsung, itu terletak di bagian paling bawah menu Pengaturan, sedangkan pada ponsel cerdas Pixel Google, dan begitu juga di merek lainnya, bisa berbeda tempat.

Selanjutnya matikan efek. Temukan opsi Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi di bawah judul Path setelah Anda memasuki Opsi Pengembang. Ubah Skala Animasi default dari x1 ke x0.5 untuk animasi yang lebih cepat atau matikan untuk mematikan animasi sepenuhnya.

Untuk dua pilihan berikut, Skala Animasi Transisi dan Skala Durasi Animasi, ulangi tindakan sebelumnya. Secara teori, menurunkan pengaturan ini atau mematikannya sepenuhnya akan memungkinkan ponsel cerdas Anda bekerja lebih lancar dan cepat dari biasanya.

Namun, jika modifikasi ini tidak sesuai dengan Anda, ulangi operasi dan tetapkan nilai untuk setiap opsi ke x1. Jika Anda memiliki perangkat seluler Samsung, tampaknya tidak ada banyak perbedaan untuk menonaktifkan opsi ini.

Pada overlay OneUI-nya, pabrikan Korea ini sebenarnya menyediakan opsi khusus untuk menurunkan animasi. Untuk mengaktifkan opsi, buka Pengaturan, lalu pilih menu Aksesibilitas, lalu pilih Peningkatan visibilitas dan pilih opsi untuk penghapusan animasi.

Khususnya dengan OS Android, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah setelah beberapa bulan digunakan, OS mulai terasa lambat. Bagaimana membuat ponsel Android lebih cepat adalah pertanyaan yang paling sering dicari oleh pengguna Android.

Tips lain berikut ini juga bisa diambil untuk meminimalkan gejala lemot dan macet pada ponsel Android. Pertama, bisa secara rutin melakukan restart perangkat. Kemudian, selalu perbarui ponsel.

Selanjutnya, copot dan nonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan dan bersihkan layar beranda. Lakukan juga proses hapus data aplikasi yang ada di-cache aplikasi. Bebaskan memori internal, simpan foto, video, atau file lain yang mungkin bisa dipindahkan ke penyimpanan eksternal misalnya MicroSD. Kalau tidak ada, gunakan solusi penyimpanan berbasis awan atau Cloud.

Terakhir, coba gunakan aplikasi versi lite. Instal aplikasi dari sumber resmi yang dikenal, atur ulang perangkat, dan instal ROM yang disesuaikan.


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *