News  

Teriakan Papua Merdeka Lyodra Ginting Di Istana Bikin Heboh Netizen, Ngabalin Beri Pembelaan

Teriakan Papua Merdeka Lyodra Ginting Di Istana Bikin Heboh Netizen, Ngabalin Beri Pembelaan

Suara.com – Teriakan Papua merdeka yang dilantangkan penyanyi Lyodra Ginting di Istana Merdeka sempat disorot publik di media sosial. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin lantas berusaha meluruskan apa yang dimaksud oleh Lyodra.

Lyodra mengisi acara Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka pada Rabu (17/8/2022). Potongan video ketika ia bernyanyi lantas viral di media sosial.

Namun, bukan ketika dirinya tengah bersenandung, akan tetapi video yang viral itu ketika Lyodra tengah berteriak Papua merdeka.

“Papua provinsi kita di timur Indonesia, ada spasi (setelah kata Papua) baru merdeka,” kata Ngabalin saat dikonfirmasi, Rabu (18/8/2022).

Baca Juga:
Netizen Meradang, Lyodra Ginting Teriak Papua Merdeka di Istana?

Menurut Ngabalin, teriakan Lyodra itu biasa dilantangkan untuk membangkitkan semangat nasionalisme sebagai bangsa yang besar. Teriakan itu juga kerap disuarakan oleh para pendahulu yang dengan darah serta air matanya bisa merebut Indonesia dari para penjajah.

Oleh karena itu, Ngabalin tidak mau pusing dengan anggapan miring warganet di Twitter terkait teriakan Lyodra.

“Kawan-kawan netizen banyak yang paham kok dan sudah selesai urusan ini,” kata Ngabalin.

Fakta Teriakan Papua Merdeka

Lyodra Ginting menjadi pengisi acara HUT RI di Istana Merdeka bersama Vidi Aldiano pada hari ini, Rabu (17/8/2022). Video penampilan Lyodra menyanyikan medley lagu-lagu daerah rupanya ramai dibicarakan di media sosial, terutama Twitter.

Baca Juga:
Tampil Bawakan Lagu Daerah di HUT RI, Video Lyodra Ginting Dipelintir Sebut Papua Merdeka

Sayangnya pembicaraan tentang Lyodra Ginting bukan pujian untuk penampilannya yang selalu memukau.

Netizen malah ricuh karena sepenggal video yang memperlihatkan Lyodra mengucapkan “Papua Merdeka” di hadapan tamu-tamu penting yang hadir.

“Sekarang akan kita pindah ke lagu daerah Papua merdeka,” kata Lyodra Ginting dalam potongan video yang beredar di Twitter.

“Spill nama penyanyinya, nggak takut apa dikira makar,” komentar akun @fachm*** dalam sepenggal video penampilan Lyodra yang beredar di Twitter.

Cek fakta Lyodra Ginting teriak Papua Merdeka, video lengkap penampilannya di Istana Merdeka juga banyak beredar di YouTube.

Dalam penampilannya di Istana Merdeka, Lyodra secara berurutan menyanyikan lagu “Kampuang Nan Jauh di Mato”, “Rek Ayo Rek”, dan “Apuse”.

Ucapan Lyodra Ginting sebenarnya bukan bermaksud mengatakan “Papua Merdeka” melainkan mengumumkan lagu selanjutnya adalah lagu daerah dari Papua yakni “Apuse”.

Barulah kemudian dilanjutkan dengan teriakan “Merdeka”.

“Padahal itu ada spasinya loh. Itupun maksudnya juga buat Indonesia. Sukanya selalu menggiring opini hemm. Jangan terlalu tersulut wahai rakyat Indonesia,” bela akun @reynal_re***.

“Itu denger dong, disitu di jeda kokkk ‘Papua…… Merdeka’ Maksud merdeka disini buat indonesia,” balas akun @Hahake***.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *