News  

Teks Materi Khutbah Jumat, Rasulullah SAW Sebagai Tauladan Umat Islam

Teks Materi Khutbah Jumat, Rasulullah SAW Sebagai Tauladan Umat Islam

Suara.com – Khutbah seringkali kita jumpai dalam sholat Jumat. Saat berkhutbah, biasanya para khatib menggunakan teks materi Khutbah Jumat untuk disampaikan pada para jemaah sholat Jumat.

Bicara mengenai khutbah, apakah kamu sudah tahu apa itu khutbah? Jadi, pengertian khutbah adalah menyampaikan nasihat atau pidato agama oleh khatib (orang yang melalukan khutbah) dan umumnya khutbah dilakukan umat Islam saat sholat Jumat, sholat Idul Fitri, sholat Idul Adha, sholat gerhana, dan akan nikah.

Di bulan Rabiul Awal yang penuh kemuliaan ini, khatib bisa menyampaikan teks materi khutbah Jumat tentang Maulid Nabi dan akhlak Nabi SAW. Dengan materi ini, harapannya agar para jemaah sholat Jumat bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, dengan adanya materi ini juga jemaah Jumat bisa berbagi pengetahuan kepada orang lain mengenai akhlak Rasulullah SAW. Nah, adapun contoh teks materi Khutbah jumat tentang Maulid Nabi dan Akhlah Nabi SAW yakni sebagai berikut;

Baca Juga:
Jangan Terburu-buru! Amalan Dahsyat Ini Dapat Mengangkat Derajat dan Menghapus Kesalahan, Buya Yaya: Apa Itu?

Contoh Teks Materi Khutbah Jumat di Bulan Maulid

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Pertama mari kita ucapkan Alhamdulillah, sebagai sanjungan dan rasa syukur kita kepada Allah karena pada hari dan bulan yang mulia ini Allah masih memberikan nikmat dan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Kedua semoga shalawat kita selalu mengalir keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW, di mana pada hari kita peringati kelahirannya, semoga dengan adanya peringatan ini semoga kita semakin cinta kepada rasulullah sehingga kelak kita akan mendapatkan syafaatnya.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT

Baca Juga:
Begini 3 Manfaat Utama Tidur Posisi Miring ke Kanan Kata Dokter Zaidul Akbar

Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al-Qur’an bahwasanya Rasulullah SAW adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia yang artinya “Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

Rasulullah menjadi contoh tidak hanya dalam satu bidang saja, tapi di semua bidang lengkap dan komplit, Rasulullah SAW menjadi contoh dalam berkelurga, menjadi pendakwah, menjadi guru, menjadi bisnisman, menjadi politisi, panglima perang dan banyak yang lainnya.

Jadi sangat pantas jika Allah menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia. Walaupun Rasulullah sama manusia dengan kita tentulah yang menjadi contoh beda kualitasnya dengan yang mencontoh. Misal, kita sebagai manusia perlu tidur, Rasulullah sebagai manusia juga tidur, namun tidur kita dengan Rasulullah jelas berbeda. Kalau Rasulullah hanya tidur matanya saja sedangkan hatinya tidak pernah tidur selalu berdzikir kepada Allah Azza Wajalla.

Hadirin yang dirahmati Allah

Rasulullah SAW di lahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan kejahilian bangsa Arab saat itu sebagai penyembah berhala, tapi Rasulullah SAW juga untuk mengubah berbagai hal yang tidak sesuai dengan tuntunan Islam.  Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Namun dalam perjuangan Rasulullah selalu mengedepankan keluruhuran tatakrama sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat. Ini contoh nabi dalam bidang dakwah bahwa sebagai pendakwah kita harus berjuangan untuk mengubah pola kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan budi pekerti yang luhur sehingga dakwah kita akan mudah diterima oleh masyarakat.

Dalam kehidupan berkeluarganya juga harus menjadi contoh, bagaimana Rasulullah begitu menyangi istri istrinya, begitu menghormati istri istrinya. Walaupun Rasulullah sebagai kepala negara tapi Nabi tidak pernah gengsi untuk membantu pekerjaan istrinya dirumah, Rasulullah SAW tidak ingin merepotkan orang lain, apa yang bisa dilakukannya sendiri Rasulullah lakukan sendiri.

Dalam bidang perniagaan juga perlu kita mencontoh bagaimana Rasulullah SAW berbisnis, Rasulullah SAW memulai perniagaan sejak umur 9 tahun. Dalam berbisnis Rasulullah sangat jujur, bahkan beliau mendapatkan Al-Amin (yang dapat dipercaya) karena kejujurannya.

Bahkan kejujurannya membuat Siti Khadijah jatuh cinta kepadanya dan mempersuntungnya menjadi Ummul Mu’minin. Dan masih banyak bidang lainnya yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Semoga kita semua bisa meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

Wassalamualaikum Wr Wb

Demikian contoh teks materi khutbah Jumat tentang Maulid Nabi dan akhlak Nabi SAW yang bisa dibaca khatib saat khutbah Jumat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!