News  

Sangat Realistis Jika AHY Dijadikan Cawapres Oleh Anies

Sangat Realistis Jika AHY Dijadikan Cawapres Oleh Anies

Suara.com – Pengamat politik Arif Nurul Imam mengatakan bahwa pilihan Anies Baswedan sangat realistis jika menggandeng Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur IndoStrategi Research and Consulting ini menilai bahwa AHY merupakan tokoh potensial menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan karena punya beragam modal politik jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh potensial lainnya.

Menurutnya, AHY berpotensi menjadi cawapres Anies karena memiliki elektabilitas yang lumayan di banyak survei.

“AHY merupakan ketua umum partai, selain itu memiliki elektabilitas lumayan. Di banyak survei, AHY menduduki nomor urut pertama atau kedua untuk posisi cawapres sehingga sangat realistis jika AHY dijadikan cawapres oleh Anies,” kata Arif Nurul Imam pada Jumat (7/10/2022).

Baca Juga:
Nostalgia Lawan Anies Saat Pilgub DKI, AHY: Persahabatan Kami Tak Retak Sedikitpun

Sinyal-sinyal berpasangan ini semakin kuat. Terlebih dengan pernyataan para petinggi Partai Demokrat, seperti Andi Arief dan petinggi lain bahwa mereka akan berjalan bersama.

“Secara politik bisa dibaca bahwa pada perhelatan Pilpres 2024 Anies Baswedan berpotensi besar akan menggandeng AHY yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat sebagai cawapres,” katanya.

Menurut penglihatannya, Partai NasDem dan Demokrat harus menghidupkan mesin politik mereka agar menyosialisasikan capres dan cawapres yang mereka usung untuk memperkuat koalisi, apabila Anies dan AHY secara resmi dicalonkan sebagai capres dan cawapres.

“Mesin politik mereka harus dihidupkan dan membangun simpul-simpul politik yang bisa mengakselerasi jangkauan ceruk massa yang potensial mendukung Anies-AHY,” katanya.

Selanjutnya, NasDem-Demokrat harus menggalang dukungan partai politik lain karena kalau hanya dua partai tersebut belum memenuhi syarat mengajukan capres dan cawapres.

Baca Juga:
Partai NasDem Cimahi Yakin Bakal Ketiban Durian Runtuh dari Anies Baswedan

“Itu yang bisa dilakukan NasDem dan Demokrat bila sudah sepakat mengusung Anies Baswedan dan AHY,” katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan Tajuk Silaturahmi Politik Anies-AHY di Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta pada Jumat, sekitar pukul 10.00 WIB.

Pertemuan digelar tertutup hanya antara Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan pengurus Partai Demokrat. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam.

“Silaturahmi pada pagi hari ini bukanlah sebuah akhir, ini insyaallah jadi awalan baru,” kata Anies. [ANTARA]


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *