News  

Saling Injak Hingga Kehabisan Nafas, Begini Kronologi 149 Tewas Berdesakan Saat Pesta Hallowen Di Itaewon

Saling Injak Hingga Kehabisan Nafas, Begini Kronologi 149 Tewas Berdesakan Saat Pesta Hallowen Di Itaewon

Suara.com – Dari laporan terkini, setidaknya ada 149 orang tewas ketika ribuan orang berdesakan merayakan halloween di Itaewon, Korea Selatan pada Sabtu (29/10/2022) waktu setempat.

Dari sejumlah laporan media yang dinukil Suara.com, Minggu (30/10/2022), ratusan warga awalnya berdatangan memadati kawasan Itaewon lengkap mengenakan berbagai kostum horor, khas saat halloween.

Antusiasme warga bisa dibilang wajar, mengingat sudah tiga tahun ke belakang perayaan halloween terhalang pandemi Covid-19.

Jam berputar dan waktu semakin larut, namun warga bak semut berduyun-duyun memadati jalanan hingga gang-gang di Itaewon. Saat jam menunjukkan pukul 22.20, kondisi dilaporkan makin parah, terutama di salah satu jalan sempit menanjak yang disebut hanya selebar mobil sedan.

Baca Juga:
Viral Kesaksian Orang Indonesia saat Terjadi Tragedi Itaewon: Berebut Oksigen Saking Sesaknya

Media setempat menyebut, saat itu orang yang berada di sisi atas jalan ada yang terjatuh menimpa warga lain yang berjubel di bawah. Sontak kepanikan tercipta, pengunjung saling injak.

Petugas yang banyak menerima laporan akan insiden di Itaewon datang lengkap dengan mobil ambulans. Sayang, mereka kesulitan untuk bisa cepat melakukan evakuasi karena banyaknya warga yang datang.

Tragedi pesta halloween Itaewon Korea Selatan. (Foto: AFP)
Tragedi pesta halloween Itaewon Korea Selatan. (Foto: AFP)

Korban tewas disebut tak hanya saling injak, namun juga karena sesak nafas hingga serangan jantung.

Sementara dikutip dari Reuters, pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Korea Selatan, Choi Seong Beom mengatakan, tim penyelamat mengerahkan 140 ambulans untuk mengevakuasi para korban ke rumah sakit.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol juga langsung menginstruksikan tim medis gawat darutat untuk segera memberikan pertolongan ke lokasi.

Baca Juga:
Dikabarkan 2 Orang WNI Turut Jadi Korban Tragedi Perayaan Halloween Itaewon, KBRI di Korea Selatan Pastikan Ini

Ia menegaskan seluruh fasilitas tempat tidur di rumah sakit harus disiapkan bagi para korban.

Mendengar insiden halloween di kotanya, Wali Kota Seoul, Oh Se Hoon dilaporkan langsung pulang dari kunjungan kerjanya ke Eropa.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *