News  

Pupuk Kaltim sebut Program Makmur tingkatkan pemberdayaan petani

Pupuk Kaltim sebut Program Makmur tingkatkan pemberdayaan petani

Jakarta (ANTARA) – Produsen pupuk urea PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim (PKT) menyebut bahwa salah satu program yang diinisiasi BUMN pupuk itu sejak 2020 yakni Makmur, mampu meningkatkan pemberdayaan petani dan produktivitas pertanian lewat ekosistem pertanian yang kondusif.

“Berdasarkan studi yang dilakukan, petani Indonesia dihadapkan oleh sejumlah tantangan, diantaranya minimnya akses permodalan, kurangnya fasilitas sarana produksi, pemahaman terhadap kebutuhan pasar, hingga jaminan pasar untuk beberapa komoditas utama,” kata Staf SVP Tranformasi Bisnis PKT Yusva Sulistyo secara virtual, di Jakarta, Rabu, pada acara “PKT Menyapa Petani: Cerdas Budidaya Tanaman Lewat Pemupukan Berimbang”.

Sejak awal, lanjut Yusva, Program Makmur dijalankan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, sekaligus dorong kesejahteraan petani melalui pendekatan menyeluruh, mulai dari kemudahan akses modal dan sarana pertanian hingga pendampingan dan edukasi.

“Kami berharap hadirnya Program Makmur tidak hanya untuk jawab tantangan produktivitas pertanian, tetapi juga menjamin pertanian berkelanjutan,” ujar Yusva.

Dalam praktiknya, lanjut Yusva, Program Makmur terus mengintegrasikan mekanisme pertanian dan teknologi pertanian.

Baca juga: Program Makmur PKT tingkatkan poduktivitas padi hingga 150 persen

Beberapa di antaranya yakni melalui peralatan pertanian modern (combine harvester, transplanter), penyemprotan pestisida menggunakan drone, hingga penerapan aplikasi i-Farm (geo tagging kepada petani dan cara budidaya). Dengan begitu, diharapkan kemajuan pertanian bisa semakin terwujud.

Diketahui Program Makmur sendiri menerapkan pemupukan berimbang pada pertanian melalui beberapa langkah, yakni memerhatikan karakteristik jenis tanah, tidak langsung mengobati daun yang kuning, dan menyiasati trik pemupukan.

Seorang petani milenial di Jember bernama Iqbal Abipraya menyampaikan bahwa pemupukan berimbang yang diterapkan dapat memberikan keuntungan karena hasilnya yang baik namun tetap hemat biaya.

Menurut petani semangka tersebut, pemupukan berimbang yang diterapkan mampu menghasilkan panen melimpah.

“Saat panen pertama, saya melihat hasil yang jauh berbeda dibanding menggunakan pupuk lainnya. Karena sifat NPK Pelangi sebagai pupuk majemuk slow release, ketersediaan pupuk dalam tanah selalu ada dan sangat bagus untuk pertumbuhan daun, batang dan buah tanaman, sehingga buah semangka pun lebih besar,” ujar Iqbal.

Iqbal mengaku untuk satu kali masa tanam, bisa panen rata-rata antara 35-40 ton per hektare dari sebelumnya maksimal 30 ton per hektare.

Baca juga: Pupuk Kaltim cetak SDM unggul lewat program magang

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *