News  

Polisi Terduga Penembak Brigadir J Mangkir Pemeriksaan, Komnas HAM Tak Tahu Keberadaan Bharada E

Polisi Terduga Penembak Brigadir J Mangkir Pemeriksaan, Komnas HAM Tak Tahu Keberadaan Bharada E

Suara.com – Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengaku pihaknya tidak mengetahui keberadaan Bhrada E. Sesuai agenda Bharada E yang diduga melakukan penembakan terhadap Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat, seharusnya menjalani pemeriksaan di Komnas HAM pada hari ini, Selasa (26/7/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kalau saya tahu (keberadaanya) sudah saya tanyakan dia (Bharada E). Saya belum tahu,” kata Taufan kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun dia menduga, Bharada E menjalani pemeriksaan di institusi lain dalam kasus ini.

“Makanya kami tanya sekarang ada di mana? Mungkin saja ada pemeriksaan lain. Kan ada pemeriksaan penyidik dari Polda Metro jaya atau Bareskrim Polri. Saya hanya menduga. Dan kami minta untuk datang hadir hari ini,” kata Taufan.

Baca Juga:
Makam Digali, Tim Mabes Polri Berangkat ke Jambi Persiapan Autopsi Ulang Brigadir J

Dijelaskannya dari tujuh aide de camp (ADC) atau ajudan dari Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo yang dipanggil, baru lima orang yang hadir. Dua orang yang tidak hadir, salah satunya Bharada E.

Meski belum hadir, Komnas HAM akan tetap menunggu kedatangan Bharada E. Keteranganya dalam peristiwa penemabakan tersebut sangat penting guna mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi. Jika tidak hadir hari ini, Komnas HAM bakal mengagendakan pemeriksaan ulang.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Bharada E yang diduga melakukan penembakan terhadap Brigadir J alias Nofryansah Yosua Hutabarat diagendakan menjalani pemeriksaan di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada hari ini.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan yang akan diperiksa bukan hanya Bharada E , namun seluruh aide de camp (ADC) atau ajudan dari Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

“Besok agendanya adalah memanggil untuk meminta keterangan dari ADC dari Irjen Sambo, (termasuk Brada E)” kata Anam saat ditemui wartawan di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (25/7/2022) kemarin.

Baca Juga:
Persiapan Autopsi Jenazah Brigadir J Besok, Tim Khusus Polri Berangkat ke Jambi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *