News  

PLN terima penghargaan BUMN terbaik untuk transformasi digital

PLN terima penghargaan BUMN terbaik untuk transformasi digital

Transformasi di PLN ini bukan saja hanya dilakukan oleh Direktur Utama atau Dewan Direksi (BOD), tetapi juga perjuangan seluruh pegawai PLN.

Badung (ANTARA) – PT PLN (Persero) menerima penghargaan sebagai BUMN terbaik untuk transformasi layanan digital, “The Best SOE in Digital Service Transformation 2022” dari Infobank.

Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Badung, Bali, Jumat, menyampaikan penghargaan itu merupakan hasil kerja keras seluruh pegawai PLN.

“Transformasi di PLN ini bukan saja hanya dilakukan oleh Direktur Utama atau Dewan Direksi (BOD), tetapi juga perjuangan seluruh pegawai PLN,” kata Darmawan saat menerima penghargaan itu di Bali, Kamis (22/9).

Baca juga: PLN dan perusahaan Prancis teken MoU kaji potensi energi arus laut

Ia menjelaskan transformasi layanan digital di PLN telah mulai sejak 2,5 tahun yang lalu. Berbagai inovasi dan langkah-langkah efisiensi dilakukan oleh perusahaan dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal,” kata Dirut PLN.

Ia menyampaikan digitalisasi di PLN menyentuh seluruh aspek, mulai dari pembangkit, transmisi, dan distribusi, sampai sistem keuangan, pengadaan, dan pelayanan.

Hasilnya, kinerja keuangan PLN sejak 2021 meningkat. Darmawan menyebut kinerja keuangan PLN itu menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN.

Kemudian, PLN juga berhasil menekan biaya pokok penyediaan, dan utang PLN terbayar lebih cepat. Hasilnya, ada penghematan (cost saving) yang jumlahnya cukup besar sampai 5 tahun ke depan, Darmawan menambahkan.

“Alhamdulillah, masyarakat juga menyambut perubahan kami. Dalam 2 tahun ini, pengguna PLN Mobile naik dari hanya puluhan ribu, menjadi 29 juta pengguna. Rating meningkat dari hanya 2,5 menjadi 4,8. Salah satu yang terbaik di Asia Tenggara,” kata Darmawan.

Baca juga: PLN galang dukungan “stakeholder” percepat transisi energi

PLN Mobile merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh PLN untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan.

“Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini, di balik transformasi PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Tentu saja kami berkomitmen agar kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kami. Tentu saja program transformasi yang sudah berjalan akan kami teruskan, ini komitmen dari seluruh insan PLN,” kata dia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *