News  

Pencapaian 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam Perspektif PDIP

Pencapaian 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam Perspektif PDIP

JawaPos.com-Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin memasuki masa waktu tiga tahun memimpin bangsa Indonesia, pada Kamis (20/10). Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dinilai mampu mengeluarkan Indonesia dari persoalan krisis akibat pandemi Covid-19.

“Kondisi yang tidak mudah, tetapi di tengah berbagai persoalan itu kan ada optimisme, ada pengakuan bagaimana pak Jokowi dan Kyai Haji Ma’ruf Amin berhasil mengatasi masa-masa yang sulit. Bahkan dalam kecepatan vaksinasi, menangani krisis akibat pandemi,” kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Rabu (19/10) kemarin.

Hasto bernostalgia, pada periode pertama Jokowi, saat masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dihadapkan pada tsunami politik. Hasto menjelaskan, pimpinan DPR dan alat kelengkapan di periode pertama dikuasai oleh partai dan fraksi yang tidak mendukung Jokowi.

Namun, pada periode kedua ini pemerintahan Presiden Jokowi juga dihadapi masa sulit. Karena Indonesia dan negara di dunia dihadapi krisis akibat pandemi Covid-19 dan juga dampak perang Rusia-Ukraina. “Semua harus memprioritaskan saat ini pada persoalan-persoalan ekonomi kita,” tegas Hasto.

Oleh karena itu, politikus asal Jogjakarta itu menyatakan, kepemimpinan Jokowi yang mampu membawa Indonesia keluar dari dampak krisis harus didukung bagi seluruh elemen bangsa. Hal ini tidak lain, agar Indonesia tidak mengalami krisis ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 dan peran Rusia-Ukraina.

“Itu semua memiliki direction yang sama untuk menjalankan arahan dari Presiden. Sehingga dengan berbagai kondisi eksternal seperti itu termasuk perang Rusia-Ukraina, maka apa yang dicapai pak Jokowi-Kyai Haji Ma’ruf Amin dengan seluruh kabinetnya itu adalah suatu hal yang memberikan harapan kita untuk bisa bangkit lagi,” papar Hasto. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *