News  

Paus minta maaf atas kejahatan tercela di sekolah pribumi Kanada

Paus minta maaf atas kejahatan tercela di sekolah pribumi Kanada

Saya di sini karena langkah pertama dari ziarah tobat saya di antara Anda adalah meminta maaf lagi, mengatakan sekali lagi bahwa saya sangat menyesal

Maskwacis, Alberta (ANTARA) – Paus Fransiskus meminta maaf kepada penduduk asli Kanada atas peran Gereja di sekolah-sekolah di mana anak-anak pribumi dilecehkan, dengan menyebut asimilasi budaya secara paksa yang mereka lakukan adalah “kejahatan yang tercela” dan “kesalahan yang membawa bencana.”

Berbicara di dekat lokasi dua bekas sekolah di Maskwacis, Alberta, pada Senin (15/7), Paus meminta maaf atas dukungan Katolik terhadap “mentalitas penjajahan” pada masa itu dan menyerukan penyelidikan “serius” terhadap sekolah-sekolah tersebut untuk membantu para penyintas dan keturunannya untuk pulih.

“Dengan rasa malu dan tanpa ragu, saya dengan rendah hati memohon pengampunan atas kejahatan yang dilakukan oleh begitu banyak orang Katolik terhadap masyarakat adat,” kata Paus Fransiskus, yang menggunakan kursi roda karena sendi  lututnya retak.

Pidato kepada warga First Nations, Metis, dan orang-orang Inuit adalah permintaan maaf pertama di tanah Kanada oleh paus sebagai bagian dari perjalanan untuk menyembuhkan luka dalam yang mengemuka setelah penemuan kuburan tak bertanda di sekolah-sekolah asrama tahun lalu.

Baca juga: Paus tuding Rusia lakukan agresi dan imperialisme di Ukraina

Paus berusia 85 tahun itu telah menjanjikan perjalanan itu kepada delegasi pribumi yang mengunjunginya awal tahun ini di Vatikan, di mana dia membuat permintaan maaf awal.

Para pemimpin adat yang mengenakan hiasan kepala perang dari bulu elang menyambut paus sebagai sesama kepala suku dan menyambutnya dengan nyanyian, pemukulan genderang, tarian, dan lagu perang.

“Saya di sini karena langkah pertama dari ziarah tobat saya di antara Anda adalah meminta maaf lagi, mengatakan sekali lagi bahwa saya sangat menyesal,” kata dia.

Dia berbicara kepada kelompok-kelompok pribumi di Bear Park Pow-Wow Grounds, bagian dari wilayah leluhur orang-orang Cree, Dene, Blackfoot, Saulteaux, dan Nakota Sioux.

“Maaf atas cara-cara di mana, sayangnya, banyak orang Katolik mendukung mentalitas penjajah dari kekuatan yang menindas masyarakat adat. Saya minta maaf,” ujar Fransiskus.

“Dalam menghadapi kejahatan yang menyedihkan ini, Gereja berlutut di hadapan Tuhan dan memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa anak-anaknya,” kata dia, melanjutkan.

Setelah paus berbicara, Kepala Wilton Littlechild dari kelompok penduduk asli Cree, menempatkan hiasan kepala bulu di kepala Paus.

Paus berdiri dari kursinya dan memakai hiasan tersebut selama beberapa saat di depan orang banyak yang bertepuk tangan.

Seorang penyanyi pribumi juga membawakan versi lagu kebangsaan Kanada di Cree, dengan air mata mengalir di wajahnya. Sebuah spanduk merah dengan nama anak-anak hilang dibawa ke hadapan paus, yang menciumnya.

Sebelum pidatonya, Fransiskus berdoa dalam hati di pemakaman sebuah gereja untuk penduduk asli dan melewati tugu peringatan batu ke dua sekolah asrama di daerah itu.

Antara tahun 1881 dan 1996, lebih dari 150.000 anak pribumi dipisahkan dari keluarga mereka dan dibawa ke sekolah-sekolah asrama.

Banyak anak kelaparan, dipukuli karena berbicara dalam bahasa asli mereka, dan dilecehkan secara seksual dalam sistem yang disebut Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Kanada sebagai “genosida budaya”.

“Saya memohon pengampunan, khususnya, atas cara-cara di mana banyak anggota Gereja dan komunitas agama bekerja sama, paling tidak melalui ketidakpedulian mereka, dalam proyek penghancuran budaya dan asimilasi paksa yang dipromosikan oleh pemerintah saat itu, yang memuncak dalam sistem sekolah asrama,” kata Paus.

Sebagian besar sekolah dijalankan untuk pemerintah oleh ordo religius Katolik Roma, oleh para imam dan biarawati.

Tahun lalu, kerangka 215 anak-anak di bekas sekolah asrama di British Columbia ditemukan.

Sejak itu, dugaan kerangka ratusan anak lainnya telah terdeteksi di bekas sekolah-sekolah asrama lainnya di seluruh negeri.

Banyak penyintas dan pemimpin adat mengatakan mereka menginginkan lebih dari sekadar permintaan maaf.

Mereka juga menginginkan kompensasi finansial, pengembalian artefak yang dikirim ke Vatikan oleh misionaris, dukungan untuk membawa tersangka pelaku kekerasan yang sekarang tinggal di Prancis ke pengadilan, dan pelepasan catatan yang dipegang oleh ordo keagamaan yang mengelola sekolah.

Beberapa juga telah menyerukan Gereja Katolik untuk meninggalkan dekret kepausan abad ke-15 yang membenarkan kekuatan kolonial mengambil tanah adat.

Bagi Wallace Yellowface (78) seorang penyintas sekolah asrama dari Pikanni Nation Reserve di Alberta selatan, pesan Paus terlalu sedikit disampaikan dan terlambat.

“Sudah terlambat untuk meminta maaf, dan saya pikir itu tidak akan banyak membantu saya,” kata dia.

Yellowface masih berusaha mencari tahu apa yang terjadi pada saudara perempuannya yang bersekolah di sekolah asrama.

Namun, banyak penduduk asli di kerumunan itu menangis secara terbuka atau bertepuk tangan setiap kali paus mengatakan dia menyesal atau mengutuk kebijakan untuk menghapus budaya asli.

Sumber: Reuters

Baca juga: Paus kunjungi Kanada minta maaf atas kesewenangan terhadap pribumi

Baca juga: Paus sedih atas penemuan sisa jasad anak di sekolah Katolik Kanada

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *