News  

NFA kampanyekan makan “B2SA” kurangi pemborosan pangan

NFA kampanyekan makan “B2SA” kurangi pemborosan pangan

Komposisi ini untuk memenuhi standar Pola Pangan Harapan (PPH) dan standar Angka Kecukupan Energi. Selain itu, juga kampanye mengurangi Food Loss and Waste atau pemborosan pangan from farm to table

Malang (ANTARA) – Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) mengkampanyekan Gerakan Makan Enak, Makan Sehat, Makan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang secara sederhana tercermin melalui komposisi makanan di dalam piring.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi di Malang, Minggu, mengatakan, kampanye dalam rangkaian Gelar Pangan Nusantara (GPN) untuk memperingati Hari Pangan Sedunia ke-42 itu bertujuan mengurangi Food Loss and Waste atau pemborosan pangan from farm to table.

Adi mengatakan, dalam kampanye itu komposisinya adalah1/3 dari isi piring adalah makanan pokok, tidak harus nasi, 1/3 lainnya adalah sayur mayur, 1/6 lauk pauk, dan 1/6 buah-buahan.

“Komposisi ini untuk memenuhi standar Pola Pangan Harapan (PPH) dan standar Angka Kecukupan Energi. Selain itu, juga kampanye mengurangi Food Loss and Waste atau pemborosan pangan from farm to table,” kata dia.

Dalam kampanye itu, juga dilakukan Gerakan Makan Telur Setiap Hari untuk meningkatkan gizi masyarakat serta mengurangi prevalensi stunting, mengingat telur merupakan pangan yang kaya gizi dan terjangkau.

Kampanye, juga terkait kecintaan terhadap pangan lokal yang dikemas melalui lomba menggambar untuk siswa SD dan SMP.

Dia mengatakan, GPN tahun ini mengangkat tema “Bersama Wujudkan Pangan Kuat, Indonesia Berdaulat”, yang merepresentasikan semangat serta ajakan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder pangan untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar bagi tegaknya kedaulatan negara.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menjadikan Hari Pangan Sedunia sebagai momentum untuk mengisi kembali semangat kita dalam membangun dan memperkuat pangan nasional,” kata dia.

Maka dari itu, lanjut dia, melalui Gelar Pangan Nusantara, Badan Pangan Nasional menggelar rangkaian event yang bersifat edukatif, berbagai lomba yang mendorong keratifitas, hingga hiburan, di mana keseluruhannya mengandung pesan dan kampanye seputar penguatan pangan dia.

Sementara itu, untuk memastikan program ketahanan pangan berjalan dengan baik, Arief mengajak seluruh stakeholder pangan dari hulu hingga hilir bersama sektor pentahelix yang terdiri dari Academics, Business, Government, Community and Media terus memperkuat kolaborasi.

“Pelaksanaan GPN di kampus Universitas Brawijaya juga tidak terlepas dari upaya memperkuat kolaborasi antara NFA dengan kalangan akademisi. NFA sebagai lembaga yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pangan, tentu tidak dapat berjalan sendiri,” ujar dia.

Sebagai wujud konkret kolaborasi, dalam kegiatan juga dilakukan penandatanganan MoU antara NFA dengan Universitas Brawijaya tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bidang Pangan.

Selain itu juga dilakukan penadatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Sinergitas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat untuk Peningkatan Gizi Masyarakat Melalui Penganekaragaman Konsumsi Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman antara Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA dengan Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Brawijaya.

“Kolaborasi sektor pangan di momen Hari Pangan Sedunia ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo yang sangat serius dalam menangani masalah pangan. Presiden berpesan untuk tidak hanya menyelesaikan masalah secara makro dan mikro, tetapi harus detail, satu per satu dan perkuat kolaborasi,” ujar dia.

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, dalam sambutannya berharap pelaksanaan GPN 2022 bisa menjadi titik pijak untuk membangun sinergi dalam pengembangan sistem pangan Nasional.

Dia meminta agar tema GPN “Bersama Wujudkan Pangan Kuat, Indonesia Berdaulat” menjadi komitmen bersama untuk melaksanakan pengelolaan pangan yang lebih baik kedepan.

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam sambutannya mengatakan, Gelar Pangan Nusantara menjadi ajang untuk menggelorakan semangat mendukung program ketahanan pangan.

“Melalui acara hari ini, mari kita gelorakan semangat, mendukung program Badan Pangan Nasional untuk menjadikan pangan nusantara lebih terjamin baik dari baik dari suplai maupun permintaan,” ujar dia.

Menurut Emil, eksistensi Badan Pangan Nasional kedepan adalah menjaga keseimbangan. Bukan hanya menjaga harga agar tidak naik tetapi juga menjaga agar harga tidak jatuh.

“Negara harus hadir, itu sebabnya ada Badan Pangan Nasional. Namun pelaksanaannya tetap harus bersama-sama, hand in hand,” kata dia.

Rektor Universitas Brawijaya Widodo menyambut baik pelaksanaan GPN di Kampus Universitas Brawijaya, dan siap mendukung program ketahanan pangan nasional melalui pengembangan inovasi dan teknologi.

Pelaksanaan GPN digelar selama tiga hari dari tanggal 22-23 Oktober 2022, di Universitas Brawijaya, Malang.

Kegiatan tersebut menggelar berbagai acara seperti Expo Pangan yang menyediaan berbagai komoditas pangan dengan harga murah, Simposium Pangan dan Gizi, Talkshow, Festival Café Kreasi Pangan Lokal, Cooking Demo Kreasi Menu B2SA, Business Matching, Coaching Clinic, Lomba Poster bertema Hari Pangan Sedunia, Lomba Menggambar bertema Pangan Lokal untuk siswa SDm dan SMP, dan aneka hiburan. Acara bersifat gratis dan terbuka untuk publik.

Baca juga: NFA: Gerakan Makan Telur atasi stunting sekaligus serap telur peternak

Baca juga: Urgensi Badan Pangan Nasional dalam tata kelola pangan tanah air

Baca juga: NFA tingkatkan fasilitasi serapan ayam hidup peternak mikro dan kecil

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *