News  

Miliki Gedung Baru, Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Hanya Dua Menit

Miliki Gedung Baru, Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Hanya Dua Menit

JawaPos.com- Warga Gresik kian dipermudah dengan pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Sebab, kini telah berdiri kantor bersama sistem administrasi manunggal satu atap (samsat) baru. Yakni, di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, sebelah timur Icon Mall.

Peresmian gedung baru itu dilakukan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Rencananya, kantor bersama Samsat baru itu beroperasi pada 1 November mendatang. Kantor memiliki luas kurang lebih 1,5 hektare dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. ’’Jauh lebih luas daripada kantor Samsat Gresik yang lama. Tentu juga wajib meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ ujar Khofifah.

Terutama, imbuh dia, dalam hal pelayanan dokumen bagi para wajib pajak. Nanti pelayanan ditekankan menggunakan mekanisme dokumen berjalan. Dengan demikian, pembayar pajak hanya menyerahkan dokumen sembari menunggu proses penyerahan. ’’Dengan durasi pelayanan berkisar dua menit, tentu ini akan memudahkan masyarakat dan bisa mendongkrak pendapatan daerah,’’ tuturnya.

Khofifah juga mengapresiasi realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) di Gresik. Saat ini sudah mencapai Rp 364 miliar dari target awal sebesar Rp 373 miliar.

’’Kabupaten Gresik dinilai sebagai wilayah patuh wajib pajaknya nomor tiga di Jawa Timur. Setelah Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Sehingga perlu adanya peningkatan layanan dengan diresmikannya Kantor Bersama Samsat Gresik,’’ harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bapenda Jatim Abimanyu Ponco Atmojo berharap gedung baru bersama samsat mampu melakukan pengoptimalan pendapatan asli daerah (PAD). ’’Apalagi, kepatuhan wajib pajak di Gresik diacungi jempol. Sampai 15 Oktober, sudah mencapai 97,80 persen,’’ ujar pria yang pernah menjabat sebagai plh Sekda Gresik itu.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis menyatakan, pihaknya menyambut baik peresmian gedung baru Kantor Bersama Samsat tersebut. Bangunan yang lebih luas dan lebih nyaman akan memberikan dampak yang positif.

Hal itu sejalan dengan semangat Korps Bhayangkara dalam mewujudkan kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran) lalu lintas di Kota Pudak. ’’Sangat memudahkan bagi warga Gresik untuk membayar pajak kendaraan,’’ paparnya. )

 


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *