News  

Menko Airlangga sambut baik konklusi pertemuan IPEF

Menko Airlangga sambut baik konklusi pertemuan IPEF

Pemerintah Indonesia menghargai nilai-nilai keadilan, inklusivitas, transparansi, dan akuntabilitas berdasarkan pertimbangan yang telah disepakati pada mekanisme multilateral.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik konklusi yang disampaikan oleh para partisipan pertemuan menteri Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF) dalam acara penutupan.

“Pemerintah Indonesia menghargai nilai-nilai keadilan, inklusivitas, transparansi, dan akuntabilitas berdasarkan pertimbangan yang telah disepakati pada mekanisme multilateral,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Sabtu.

Pertemuan tersebut menghasilkan kerangka kerja IPEF yang berfokus pada perdagangan, rantai pasok, energi hijau, dan perekonomian yang adil.

Baca juga: Menko Airlangga bertemu Menteri Jepang dorong ekspor Indonesia

Pembahasan terkait ekonomi yang adil perlu terus dilakukan untuk mendorong implementasi yang lebih adil pada bidang perdagangan dan investasi, serta harus bersinergi dengan sistem perpajakan nasional dan mekanisme anti korupsi untuk mempercepat pencapaian ekonomi yang adil.

Terkait pengembangan ekonomi bersih yang juga dibahas dalam IPEF, difokuskan pada upaya-upaya inovatif untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim melalui penggunaan energi terbarukan yang membutuhkan pendanaan internasional.

“Untuk pembiayaan pembangunan berkelanjutan atau SDG, Pemerintah Indonesia menerapkan strategi blended finance untuk memobilisasi dana publik dan swasta melalui struktur pembiayaan yang inovatif, dengan mendorong keterlibatan seluruh pihak baik yang dari swasta maupun dari institusi pemerintah,” kata Airlangga.

Baca juga: Airlangga dorong kerja sama sektor peternakan dengan Selandia Baru

Mekanisme transisi energi, dekarbonisasi, penggunaan lahan yang lebih berkelanjutan, inovasi untuk menghilangkan karbon, insentif untuk investasi rendah karbon agar tercapai ekonomi bersih dan pembangunan berkelanjutan juga terus dibahas.

Menko Airlangga juga bertemu dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gina Raimondo untuk membahas kesepakatan guna segera menindak lanjuti pada level teknis berbagai langkah konkret dari upaya mendorong keempat pilar IPEF.

“Saya bersama Sekretaris Raimondo sepakat untuk terus mengintensifkan diskusi teknis dan mendorong deliverable yang konkret dalam waktu singkat, dan rencananya pada bulan Oktober ini kami akan bertemu lagi untuk membahas tindak lanjutnya,” katanya.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *