News  

Maskot, logo, dan slogan PON Aceh-Sumut 2024 resmi diluncurkan

Maskot, logo, dan slogan PON Aceh-Sumut 2024 resmi diluncurkan

Medan (ANTARA) – Maskot, logo, dan slogan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara resmi diluncurkan bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut Jalan Pancing, Medan, Sabtu.

Peluncuran dilakukan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PB PON didampingi Sekretaris Umum Panitia Inti PB PON Wilayah Sumut H. Afifi Lubis, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting serta Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih.

Edy mengatakan Porprov Sumut yang dilangsungkan 29 Oktober s.d. 5 November menjadi ajang persiapan awal untuk menghadapi PON Aceh-Sumut 2024 yang tinggal kurang dari dua tahun lagi.

“Banyak hal yang harus kita buat untuk PON 2024.Ini bukan kegiatan politik, ini adalah kegiatan besar untuk kebanggaan Sumut. Apapun harus kita lakukan bersama untuk besarkan Sumut yang kita cintai,” katanya.

Baca juga: KONI Pusat umumkan tiga nominator logo dan tagline PON Aceh-Sumut 2024

Sebelumnya Kadispora Sumut mengatakan sayembara logo, maskot dan tagline yang digelar dari 9 September -3 Oktober 2022 akhirnya berhasil menentukan juara dari tiap-tiap kategori sayembara.

Mulai 4 Oktober, panitia dan dewan juri melakukan verifikasi dan penilaian. Sebanyak 183 peserta sayembara logo, 50 peserta sayembara maskot untuk Sumut dan 56 peserta sayembara dari berbagai daerah dan beragam latarbelakang peserta yang ikut berpartisipasi di dalam sayembara ini.

“Hari ini bersamaan dengan Pembukaan Porprov Sumut ke-XI tahun 2022 di GSG Pemprovsu, Dispora dengan resmi mengumumkan pemenang sekaligus penyerahan hadiah dan sertifikat sayembara maskot logo, dan tagline PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024,” kata Tuahta.

Logo yang terpilih sebagai pemenang merupakan karya Anto Wibowo dari Jakarta yang memadukan elemen rencong, kain ulos batak, dan kain songket melayu.

Maskot bernama Matra (singkatan dari Harimau Sumatera) karya Daru Redono asal Malang terpilih menjadi pemenang untuk sayembara maskot wilayah Sumut.

Sedangkan slogan ajuan Ahmat Sutra asal Medan, yakni Bersatu Kita Juara, teripilih menjadi pemenang sayembara slogan.

Pemenang sayembara logo dan maskot masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp30 juta, sedangkan pemenang sayembara slogan memperoleh Rp10 juta.

Keputusan pemenang sayembara ini telah melalui proses penilaian dalam rapat khusus dengan memperhatikan berbagai macam kriteria dan telah dituangkan dalam surat keputusan dewan juri sayembara logo dan tagline nomor 001/KPTS/DJSLT/Aceh-Sumut/X/2022 dan surat keputusan dewan Juri sayembara Maskot Nomor 001/KPTS/DJM/Sumut/X/2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk sayembara lagu tema sudah dibuka mulai 29 Oktober 2022 sampai 29 November 2022 dengan judul lagu tema PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 “Bersatu Kita Juara”.

Ketentuan dan syarat sayembara lagu tema dapat mengunjungi website atau bisa melalui WA admin sayebara 081361614032 (Dana) dan 082161388325 (Yogi).

Baca juga: KONI mulai susun pedoman sistem kualifikasi PON Aceh-Sumut 2024

Pewarta: Juraidi
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *