News  

Lima Wisata di Jawa tengah Wajib dikunjungi: Tiket, Daya Tarik, Lokasi

Lima Wisata di Jawa tengah Wajib dikunjungi: Tiket, Daya Tarik, Lokasi

JawaPos.com – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan banyak tempat wisatanya. Indah dan relatif tidak terlalu jauh. Tempat wisata Jawa tengah selalu menjadi sasaran untuk para wisatawan saat berlibur. Selain untuk berwisata atau bermain, wisatawan juga mendapatkan ilmu baru dengan mengikuti beberapa program yang ada atau mengikuti arahan dari tour guide. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi:

1. Rumah Atsiri

Rumah Atsiri. (Instagram rumahatsiri)

Rumah Atsiri merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang ada di arah perbatasan dengan Jawa Timur. Rumah Atsiri ini cocok sekali untuk digunakan sebagai liburan keluarga maupun perorangan. Aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di tempat ini adalah melihat proses cara pengolahan minyak atsiri, museum, melihat tanaman yang ada rumah atsiri, dan juga dapat ikut serta dalam pembuatan minyak atsiri.

Di sini wisatawan tidak hanya berwisata. Namun juga mendapatkan edukasi terkait dengan minyak atsiri. Perkebunan bunga yang ada di Rumah Atsiri ini yang paling memikat perhatian karena memiliki tatanan yang bagus berbagai macam jenis bunga.

Ada beberapa fasilitas disediakan oleh tempat wisata Rumah Atsiri. Seperti laboratorium, toilet, restoran dan toko aksesoris. Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menginap, Rumah Atsiri juga menyediakan tempat glamping yang dapat untuk digunakan oleh para wisatawan.

Lokasi : Jalan. Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional :

Hari Jam
Setiap hari 10.00 – 17.00 WIB

 

Harga Tiket :

Tiket Harga
Semua umur Rp50.000

 

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu. (Instagram favehotels)

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah yang menjadi tempat favorit bagi para pecinta kereta dan fotografi. Lawang Sewu dahulu merupakan salah satu kantor KAI yang sekarang dijadikan sebagai tempat wisata. Di sini wisatawan dapat menikmati beberapa koleksi perkeretaapian seperti replika lokomotif uap, mesin edmonson, mesin hitung, dan beberapa koleksi lainnya.

Tempatnya yang unik dan kuno sangat menarik dan cantik jika digunakan untuk foto–foto. Lawang Sewu juga menyediakan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung seperti toilet, mushola, ruang laktasi, perpustakaan, smoking area, ruang P3K, dan pojok kuliner.

Lokasi : Jalan Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Jam operasional :

Hari Jam
Senin – Jumat 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 20.00 WIB

 

Harga Tiket :

Tiket Harga
Dewasa/Mahasiswa Rp20.000
Anak- anak/pelajar Rp10.000
Wisatawan Mancanegara Rp30.000

 

3. Candi Cetho

Candi Cetho. (Instagram syammr)

Candi Cetho adalah sebuah candi yang menjadi tujuan tempat wisata di Jawa Tengah yang letaknya berada di arah perbatasan dengan Jawa Timur. Candi ini sangat menarik bagi wisatawan karena letaknya berada di atas gunung. Sehingga wisatawan disuguhi pemandangan yang sangat cantik. Namun, karena Candi Cetho memiliki suhu yang sangat dingin, maka disarankan untuk para wisatawan menggunakan pakaian hangat.

Candi Cetho ini juga menyediakan banyak sekali fasilitas–fasilitas seperti tempat parkir kendaraan, warung, coffee shop, toko souvenir, oleh-oleh khas wisata Jawa Tengah, gazebo, toilet dan masih banyak lainnya.

Lokasi : Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam operasional :

Hari Jam
Senin , Rabu, Kamis, Sabtu & Minggu 08.00 – 16.30 WIB
Selasa & Jum’at Buka 24 jam

 

Harga Tiket :

Tiket Harga
Semua Umur Rp10.000
Parkir mobil Rp5.000
Parkir Motor Rp3.000

 

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur. (Instagram droonimaakari)

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika anda pergi ke Candi Borobudur, disarankan untuk membawa payung atau topi untuk pelindung diri karena cuaca yang tidak menentu.

Para wisatawan tidak perlu khawatir jika berwisata ke Candi Borobudur karena memiliki beragam fasilitas yang lengkap dan memadai. Seperti tempat ibadah, toilet, area parkir yang luas, pemandu wisata dan beberapa fasilitas lainnya. Selain itu, Candi Borobudur ini sangat dekat dengan area penginapan sehingga wisatawan dapat mudah menemukan tempat beristirahat.

Lokasi : Jalan Badrawati, Kw, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional :

Hari Jam
Senin – Minggu 08.00 – 17.00 WIB

 

Harga Tiket :

Tiket Harga
Dewasa Rp50.000
Anak – anak & pelajar SMA Rp5.000

 

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan. (Instagram alexjsearle)

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu yang menjadi tempat wisata di Jawa Tengah. Terletak di jalan raya Solo-Jogjakarta. Candi Prambanan juga memberikan promo seperti diskon 50 persen bagi para wisatawan yang membawa minimal 20 orang.

Sama seperti Candi Borobudur, Para wisatawan juga disarankan membawa payung atau topi sebagai pelindung diri. Wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia di wisata Jawa Tengah Candi Prambanan. Seperti tempat ibadah, toilet, taman, dan spot foto.

Lokasi : Jalan Raya Solo -Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Jam operasional :

Hari Jam
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

 

Harga Tiket :

Tiket Harga
Dewasa Rp50.000
Anak – anak 3 – 10 tahun Rp25.000

 


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *