News  

Kumpulan Doa Agar Tidak Sakit dan Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Kumpulan Doa Agar Tidak Sakit dan Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Suara.com – Memiliki tubuh yang sehat membuat segala aktivitas yang kita kerjakan akan semakin ringan. Oleh karena itu selain menjaga kesehatan umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa agar tidak sakit.

Simak kumpulan doa agar tidak sakit dan pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dapat dicontoh berikut. Rasa sakit merupakan hal wajar yang akan dirasakan oleh setiap ciptaan Allah termasuk manusia.

Terkadang, Allah SWT juga menguji hamba-Nya dengan sakit yang diberikan sebagai bentuk kasih sayang. Namun sebagai orang yang beriman, kita dapat berikhtiar agar tidak sakit dengan menerapkan pola hidup sehat. 

Selain hidup sehat, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca doa agar tidak sakit. Doa tersebut dibaca untuk memohon kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana ajaran Rasulullah SAW ketika sahabatnya sedang sakit, beliau melafalkan doa-doa untuk kesembuhan sahabatnya itu.  

Baca Juga:
Doa Tahajud Latin dan Artinya, Bacalah Setelah Selesai Sholat Tahajud

Kumpulan Doa Agar Tidak Sakit 

Berikut kumpulan doa agar tidak sakit serta memohon perlindungan dari Allah SWT: 

1. Doa agar Diberi Kesehatan dan agar selalu dalam Lindungan Allah SWT 

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu’aafaatad daa’imata fiid dunyaa wal ‘aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.” 

Artinya: Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.”

Baca Juga:
Apakah Doa Buka Puasa Senin Kamis Sama Seperti Puasa Ramadan? Simak Jawabannya di Sini!

2. Doa agar Diberi Kesehatan serta Perlindungan Allah SWT 

Allaahumma-ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa’aafinii, warzuqnii.” 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR. Muslim). 

3. Doa agar Diberi Kesehatan untuk Anggota Keluarga dan Selalu dalam Kesejahteraan 

Allaahumma inni a’udzubika min zawali ni’matika, wa thahawwuli a’fiyatika, wa faja’ati niqmatika, wa jami’i sakhatika.” 

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu.” (HR. Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi). 

4. Doa Memohon Kesembuhan 

As’alullhal azhma rabbal ‘arsyil ‘azhmi an yassfiyaka. 

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” 

5. Doa agar Rasa Sakit Menghilang 

Allhumma rabban nsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syfi. L syfiya ill anta syif’an l yughdiru saqaman.       

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” 

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW 

Disamping berdoa, kita juga harus menerapkan kebiasaan hidup sehat agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Rasulullah SAW ketika di pagi hari mengajarkan umatnya agar tidak melewatkan segelas air yang dicampur dengan madu asli. Lalu ketika menjelang dhuha beliau akan mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa. 

Kemudian di siang hari menjelang sore, Rasulullah SAW selalu mengonsumsi minyak zaitun. Zaitun merupakan sebuah pohon yang diberkahi dan sering disebutkan dalam Al-Quran. Sedangkan pada malam harinya beliau kerap mengonsumsi sayur-sayuran segar yang kaya akan gizi. 

Tak lupa, Rasulullah SAW mengimbangi kebiasaan sehatnya dengan olahraga. Adapun olahraga yang dilakukan Rasulullah SAW adalah berkuda, memanah dan juga berenang. Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a jika Rasulullah SAW pernah bersabda: 

Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhori). 

Nah itulah tadi kumpulan doa agar tidak sakit dan pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dapat dicontoh umat Islam. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *