News  

Kumpulan Cara Menjadi Hacker Selain Belajar Bahasa Pemrograman

Kumpulan Cara Menjadi Hacker Selain Belajar Bahasa Pemrograman

Suara.com – Beberapa orang menginginkan menjadi seorang hacker profesional. Alasannya karena meretas atau membobol jaringan itu terlihat keren dan membanggakan. Sehingga mereka pun mencari cara menjadi hacker.

Padahal profesi hacker ini sering disejajarkan dengan kejahatan atau tindakan kriminal. Bagaimana tidak, ulah para hacker ini dianggap bisa membahayakan keamanan data instansi maupun pribadi yang diretas.

Namun jika memang ingin berprofesi menjadi hacker, jadilah hacker profesional yang beretika dalam menjalankan operasinya. Lantas, bagaimana cara menjadi hacker profesional yang beretika? Simak 

Sebelum menjelaskan cara untuk menjadi hacker, yuk simak dulu pengertian apa itu hacker.

Baca Juga:
Sederet Aksi Hacker Bjorka: Serang Puan Maharani sampai Klaim Bongkar Dalang Kematian Munir

Apa Itu Hacker?

Hacker adalah seorang profesional  yang tugasnya yang mempelajari, memodifikasi, menganalisa, dan membobol atau meretas suatu jaringan (perangkat) lain untuk tujuan tertentu.

Tujuan hacker dalam melancarkan aksinya biasanya untuk mencari keuntungan pribadi atau sekedar untuk tantangan semata. Perangkat yang dipakai untuk membobol pun beragam. Lalu, bagaimana cara menjadi hacker? Berikut ini penjelasannya.

Cara Menjadi Hacker

Bagi yang berminat jadi hacker, berikut ini beberapa cara menjadi hacker yang perlu diketahui.

Baca Juga:
Sebelum Dinonaktifkan, Akun Hacker Bjorka Tulis Ini Untuk Twitter

1. Membaca Tutorial Hacking

Membaca dan mempelajari berbagai panduan hacking di internet. Pastikan untuk mencatatnya dan dalami betul-betul istilah-istilah agar tidak bingung saat berhadapan langsung dengan dunia peretasan. Jika kamu mampu kuasai teknik dasarnya, dijamin kamu bisa dengan mulus mempraktikkannya.

2. Belajar IP Address

Pelajari IP Address pada jaringan komputer. Ini penting dipelajari bagi hacker karena zaman sekarang semua perangkat mempunyai IP Address. Adapun IP address yang umumnya digunakan pada perangkat terbagi jadi tiga kelas, antara lain:

  • Kelas A: 1.0.0.0 126.255.255.255
  • Kelas B: 128.0.0.0 191.255.255.255
  • Kelas C: 192.0.0.0 223.255.255.255

Kamu juga harus pelajari perangkat-perangkat lainnya yang berkaitann dengan jaringan, seperti  NAT (Network Address Translation), Port, dan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

3. Belajar Bahasa Pemrograman

Kamu juga harus pelajari sistem pemrograman pada komputer seperti Java, bahasa pemrograman C, PHP, Perl, hingga bahasa markup (XML dan HTML). Kamu juga perlu pelajari bahasa query. Ini adalah bahasa yang digunakan agar lebih mudah dalam memanipulasi database.

4. Belajar Sistem Operasi

Penting juga untik mempelajari sistem operasi jika ingin jadi hacker. Ini berguna agar lebih mudah jika yang hendak meretas Windows, Mac OS, Linux, Open BSD, dan Free BSD. Selain itu, kamu juga akan tahu kelebihan maupun kekurangan sistem operasi.

Demikian ulasan mengenai cara menjadi hacker yang perlu diketahui. Selain cara di atas, menjadi hacker juga perlu belajar seni kriptografi, membangun perangkat jaringan, dan ikut kompetisi hacking untuk menguji kemampuanmu. Jika sudah ahli dalam menjadi hacker, pastikan kamu menggunakannya dengan bijak.

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *