News  

Kodim Polewali Mandar kerahkan personel bantu warga korban banjir

Kodim Polewali Mandar kerahkan personel bantu warga korban banjir

Mamuju (ANTARA) – Kodim 1402 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat mengerahkan puluhan personel untuk membantu membersihkan material lumpur dan kayu dari rumah-rumah warga yang sempat terendam banjir dan lumpur.

“Saya telah memerintahkan personel untuk membantu masyarakat yang rumahnya terendam banjir,” kata Komandan Kodim 1402 Polewali Mandar Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi M Tr (Han), Senin.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Polewali Mandar sejak Sabtu (15/10), mengakibatkan Sungai Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar meluap mengakibatkan puluhan rumah warga rusak bahkan sebagian rusak parah.

Luapan air sungai tidak hanya merusak rumah warga, namun banjir juga menghancurkan satu jembatan gantung sebagai akses masyarakat setempat.

Baca juga: Kodim 1402 Polewali Mandar kerahkan Babinsa bantu warga korban banjir

Baca juga: Polres Polman bersihkan longsor di Desa Lenggo

Banjir juga menyebabkan satu warga hilang terseret air dan hingga saat ini masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Dandim Masni Etha Yanurianedhi yang tengah berada di Jakarta mendampingi tim liga santri Propinsi Sulbar langsung memerintahkan Danramil 1402-02/Wonomulyo untuk segera membantu warga di lokasi bencana.

“Saya langsung perintahkan Danramil agar mengerahkan personel membantu warga yang terdampak bencana,” kata Masni Etha Yanurianedhi.

Sementara, Danramil 1402-02/Wonomulyo Kapten Inf Abdul Halid, menyebutkan terdapat delapan rumah warga yang  rusak parah akibat diterjang banjir yang membawa material batu, lumpur dan kayu.

“Selain delapan rumah warga, jembatan gantung di Dusun Patuheang juga rusak parah sehingga kerusakan ini membuat akses masyarakat menuju Desa Riso terhambat,” kata Abdul Halid.

Ia menyampaikan, hingga Senin siang, pencarian salah satu warga yang dilaporkan hilang terseret banjir belum ditemukan dan masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

“Pencarian masih terus dilakukan tim SAR dan Babinsa. Untuk pembersihan rumah warga sudah dilakukan oleh anggota TNI bersama masyarakat setempat,” jelas Abdul Halid.*

Baca juga: Longsor terjang daerah di Polewali Mandar, lima rumah rusak

Baca juga: Banjir landa wilayah Polewali Mandar

Pewarta: Amirullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *