News  

Kita Jangan Hanya Bergantung Pada Beras Saja

Kita Jangan Hanya Bergantung Pada Beras Saja

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau balai padi milik Kementerian Pertanian di Subang, Jawa Barat. Jokowi ingin memastikan ketersediaan pangan di Indonesia masih dalam kondisi aman di tengah adanya ancaman krisis pangan.

“Kita tahu bahwa dunia sekarang ini sedang terjadi kekurangan pangan di mana-mana,” kata Jokowi pada Selasa (12/7/2022).

“Oleh sebab itu, kita harus waspada memastikan bahwa ketersedian pangan masih pada kondisi yang aman,” sambungnya.

Dari hasil pengamatannya, Jokowi melihat balai padi Kementan selalu menemukan varietas benih padi yang unggul seperti Inpari 32 dan Inpari 42. Menurutnya, kualitas benih menjadi kunci produksi beras nasional bisa meningkat.

Baca Juga:
Usut Kasus Penembakan di Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo, 4 Saksi Telah Diperiksa

“Kalau betul-betul didampingi oleh PPA-PPA yang baik 1 hektar Inpari 32 dan Inpari 42 bisa hasilkan kurang lebih sampai 12 ton, tapi katakanlah 7-8 ton itu sudah sebuah lompatan yng baik bagi stok ketersedian pangan utamanya beras kita,” jelasnya.

Kendati demikian, Jokowi menekankan untuk tidak hanya bergantung pada beras saja. Kepala Negara melihat banyak jenis pangan lainnya seperti sagu, sorgum, porang, hingga jagung.

“Ini masih memiliki peluang untuk kita tingkatkan produksinya dan saya yakin karena kita sudah 3 tahun ini tidak impor beras saya yakin swasembada beras kita akan segera kita capai.”


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *