News  

Kemarin, peluncuran Papua Football Academy hingga Perppu Pemilu

Kemarin, peluncuran Papua Football Academy hingga Perppu Pemilu

Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia pada hari Rabu (31/8), mulai dari Presiden RI Joko Widodo luncurkan Papua Football Academy (PFA) hingga Komisi II DPR RI setuju Presiden terbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) guna mengakomodasi tiga daerah otonomi baru di Papua gelar Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Jokowi akan luncurkan Papua Football Academy dan kunjungi Freeport

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengawali agenda kerjanya di Papua pada Rabu (31/8) dengan meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menuju Kantor Pos Cabang Sentani Kabupaten Jayapura untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial.

Selengkapnya baca di sini.

Dewan Pers apresiasi putusan MK tolak gugatan uji materi UU Pers

Dewan Pers mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan pengujian materi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang diajukan oleh tiga orang wartawan.

“Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi serta puji syukur atas putusan hari ini yang sudah disampaikan (MK) terkait dengan polemik yang selama ini menjadi perdebatan mengenai kewenangan Dewan Pers,” kata Wakil Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Bawaslu tindak lanjuti aduan empat parpol soal pelanggaran administrasi

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI memutuskan menindaklanjuti aduan laporan dugaan pelanggaran administrasi tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang diajukan oleh empat parpol.

“Menetapkan, menyatakan laporan diterima, menyatakan laporan ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan,” kata Ketua Majelis Sidang Bawaslu RI Puadi di Jakarta Rabu.’’

Selengkapnya baca di sini.

Musyawarah relawan memilih Ganjar dan Sandiaga gantikan Jokowi

Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia, gabungan sejumlah relawan Joko Widodo (Jokowi), memilih Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai pengganti Jokowi menjadi Presiden pada 2024.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu, mengatakan Ganjar dipilih oleh 921 atau 16,10 persen dari 5.721 peserta Musra Jawa Barat dalam kelompok ‘Calon Presiden Harapan Rakyat’. Sementara Sandiaga mendapat suara dari 16,92 persen atau 968 dari total peserta.

Selengkapnya baca di sini.

Komisi II setuju Presiden terbitkan Perpu Pemilu

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan Komisi II DPR menyetujui diterbitkannya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) untuk mengakomodasi perubahan ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu setelah pembentukan tiga daerah otonomi baru di Papua.

“Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), KPU, Bawaslu, dan DKPP menyetujui diterbitkannya Perppu sebagai perubahan terhadap beberapa ketentuan dalam UU Pemilu,” kata Doli dalam Rapat Kerja (Raker) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *