News  

Kapan Waktu yang Tepat Sholat Dhuha? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

Kapan Waktu yang Tepat Sholat Dhuha? Ini Penjelasan dan Tata Caranya

Suara.com – Agar dapat menjalankan sholat dhuha dengan tepat dan diterima oleh Allah SWT, tentunya penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk sholat dhuha. Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut sampai ke niat dan doa setelah melaksanakan sholat dhuha. 

Hukum menjalankan sholat dhuha 

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah, maka hukumnya adalah berpahala bagi yang melaksanakan dan tidak akan ada akibat apapun terhadap yang tidak melaksanakan. 

Meskipun demikian, penting untuk dipahami bahwa Shalat Duha juga merupakan salah satu doa supererogatory yang ditekankan dan yang dilaksanakan oleh Nabi all Allhu ‘alayhi wa sallam.

Baca Juga:
2 Doa Pulang Haji yang Disunahkan Dibaca Jemaah Ketika Kembali ke Tanah Air

Ada adth dari Nabi all Allhu ‘alayhi wa sallam yang menunjukkan pentingnya sholat Duha.

Yang pertama berasal dari Imm Muslim, yang menarasikan ulang dari narasi Sayyidun Ab Dharr al-Ghifr raiya Allhu ‘anhu bahwa Nabi all Allhu ‘alayhi wa sallam mengatakan:

“Amal yang baik di pagi hari adalah dari setiap tulang dalam tubuh anda masing-masing. Setiap ucapan pemuliaan Allah adalah tindakan amal. Setiap ucapan pujian kepada-Nya adalah tindakan amal, setiap ucapan kesaksian atas Keesaan-Nya adalah tindakan amal, setiap ucapan kesaksian atas Kebesaran-Nya adalah tindakan amal, bergabung dengan kebaikan adalah tindakan amal, melarang apa yang jahat adalah tindakan amal, dan dua raka’ah yang didoakan seseorang dalam sholat Duha sudah cukup.”

Maka dari itu, Rasul menganjurkan sahabat dan umat Islam untuk melaksanakan sholat dhuha. 

Waktu terbaik sholat dhuha 

Baca Juga:
Bacaan Doa Keluar Rumah Lengkap dengan 8 Adab Keluar Rumah

Waktu yang tepat sholat Dhuha dilakukan ketika matahari telah terbit di pagi hari, hanya setinggi satu tiang, yaitu sekitar 20-30 menit setelah matahari terbit.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *