News  

Kapan Pembukaan CPNS 2022/2023? Catat Tanggal dan Persyaratannya!

Kapan Pembukaan CPNS 2022/2023? Catat Tanggal dan Persyaratannya!

Suara.com – Informasi seputar pembukaan CPNS 2022/2023 hingga kini masih dinantikan masyarakat. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengungkapkan bahwa akan berfokus untuk melakukan pengangkatan PPPK dan berfokus kepada tenaga honorer. Hal ini mengingat penghapusan tenaga honorer dalam lingkup instansi pemerintahan pusat maupun daerah. Lantas kapan pembukaan CPNS 2022/2023?

Jadwal pendaftaran dan informasi seputar pembukaan CPNS 2022/2023 masih belum bisa dipastikan akan dilaksanakan pada tahun ini. Sebagai gantinya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kini sedang berfokus pada rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2022 pada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan CPNS melalui sekolah kedinasan.

Sebagai informasi penghapusan tenaga honorer atau tenaga non-ASN sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 49 Tahun 2018 dan surat edaran B/185/M.SM.02.03/2022 yang diundangkan pada 31 Mei 2022.

Oleh karena itu, sembari menunggu jadwal pendaftaran CPNS bisa dipastikan, maka dari itu Anda masih bisa menyiapkan terlebih dahulu persyaratan dokumen yang wajib diunggah nantinya.

Baca Juga:
Kemenkeu Tegaskan Gaji Guru PPPK dari DAU yang Ditransfer Tiap Bulan: Tidak Bebankan Keuangan Daerah

1. Pertama, masuk ke situs resmi www.sscasn.bkn.go.id dan klik “Registrasi”

2. Selanjutnya masukkan data pribadi seperti: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Email, Nomor Handphone Aktif dan Password serta jawaban pengaman

3. Unggah scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Swafoto atau selfie

4. Setelah itu masukkan kode Captcha sesuai yang diminta dan klik “Submit”

5. Anda akan diarahkan menuju situs www.sscasn.bkn.go.id/daftar/login dan diharuskan mengisi data pribadi yang masih kosong

Baca Juga:
Nadiem Makarim Disemprot DPR, Ini Daftar Gaji PPPK Tahun 2022

6. Pilih jenis formasi

7. Menunggah dokumen dan cek resume

8. Anda dapat mencetak kartu informasi dan kartu pendaftaran akun dengan dokumen sebagai berikut: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dukcapil, Kartu Keluarga (KK), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto dan swafoto.

Demikian informasi seputar kapan pembukaan CPNS 2022/2023 yang nyatanya masih belum ada kepastian. Sebaliknya, BKN kini sedang berfokus pada pengangaktan PPPK dan penghapusan tenaga honorer dalam lingkup instansi pemerintah pusat maupun daerah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *