News  

Jam Berapa Sholat Dhuha? Ini Waktu Terbaik Mengerjakannya

Jam Berapa Sholat Dhuha? Ini Waktu Terbaik Mengerjakannya

Suara.com – Sholat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang bisa dikerjakan umat Muslim. Lantas, jam berapa sholat Dhuha dikerjakan? Mari simak ulasannya berikut ini.

Penting untuk diketahui umat Muslim bahwa sholat sunnah adalah ibadah yang apabila dilakukan akan mendapat pahala dan jika tak dilakukan pun tidak berdosa. 

Dalam Islam, ada banyak sholat sunnah yang bisa dikerjakan, salah satunya yaitu Sholat Dhuha. Sholat Dhuha ini merupakanibadah Sholat sunnah dua rakaat atau lebih yang dikerjakan pada waktu matahari terbit sekitar tujuh hasta hingga tiba waktu dzuhur.

Lantas, tepatnya jam berapa sholat dhuha bisa dilakukan? Untuk selengkapnya, berikut penjelasannya.

Baca Juga:
Ini Dia Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud Ungkap Ustadz Adi Hidayat

Waktu Pelaksanaan Sholat Dhuha

Awal Waktu

Maksud dari Sholat Dhuha pada awal waktu yakni waktu usai terbit matahari dan meninggi. Imi tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Kerjakan shalat shubuh kemudian tinggalkan shalat hingga matahari terbit, sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud.” (HR Imam Muslim)

Akhir Waktu

Baca Juga:
Terungkap, Guru SMA di Bogor Ternyata Raba Area Sensitif Siswi Saat Cek Haid Sebelum Sholat Dhuha

Maksud dari waktu sholat Dhuha pada akhir waktu yakni mendekati waktu zawal atau saat matahari tergelincir ke barat dan menyengat.

Waktu Terbaik

Sementara waktu terbaik atau waktu paling utama untuk menunaikan sholat Dhuha adalah pada akhir waktu, yaitu saat posisi matahari semakin naik dan terik. Ini termaktub dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Sholat awwabin (dhuha) itu ketika sinar matahari sudah menyengat.” (HR Imam Muslim)

Waktu yang dilarang untuk Shalat Dhuha

Selain ada waktu yang dianjurkan untuk sholat Dhuha, ada juga waktu-waktu yang dilarang untuk sholat. Adapun waktu-waktu tersebut yakni sebagai berikut:

1. Usai sholat subuh hingga terbit matahari sekitar satu anak panah

2. Waktu saat matahari ada tepat di atas kepala hingga tiba waktu zuhur

3. Selepas Ashar atau saat matahari berubah warna kekuningan hingga waktu matahari terbenam

Ini tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bunyinya seperti berikut ini.

“Waktu yang dilarang untuk shalat dan menguburkan orang mati yaitu saat matahari terbit hingga naik (sedikit), saat matahari mencapai titik tertinggi hingga tergelincir, dan saat matahari sedikit terbenam hingga terbenam” (HR Imam Muslim)

Demikianlah pembahasan mengenai jam berapa sholat dhuha bisa dikerjakan umat Muslim. Apakah kamu sudah sholat Dhuha hari ini?

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *