News  

Hujan lebat berangin berpeluang meliputi sejumlah provinsi

Hujan lebat berangin berpeluang meliputi sejumlah provinsi

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah provinsi pada Kamis.

Wilayah provinsi yang menurut sistem peringatan dini BMKG berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Barat.

Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan juga diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Hujan lebat yang disertai angin kencang bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Warga di daerah-daerah yang berpeluang mengalami hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya mewaspadai kemungkinan terjadi bencana banjir maupun tanah longsor.

BMKG menekankan pentingnya pemerintah daerah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mitigasi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai potensi bencana serta langkah-langkah penyelamatan dan evakuasi mandiri saat bencana terjadi mesti ditingkatkan.

Baca juga:

Jayapura imbau warga lakukan mitigasi saat curah hujan tinggi

BPBD: Banjir meliputi 92 RT di tiga bagian wilayah DKI Jakarta

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *