News  

Guru Besar Uncen usulkan KMAN didaftarkan ke rekor MURI

Guru Besar Uncen usulkan KMAN didaftarkan ke rekor MURI

Ini adalah ajang yang sangat besar dan monumental

Jayapura (ANTARA) – Guru Besar Universitas Cenderawasih Prof. Dr. Partino, M.Si mengusulkan jika Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) dapat di daftarkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menurut Partino ajang KMAN akan dihadiri oleh seluruh duta adat dari berbagai wilayah di Indonesia yang berjumlah sekitar 12.000 ribu lebih orang meliputi peserta sarasehan ditambah tamu undangan.

“Ini adalah ajang yang sangat besar dan monumental tetapi juga sangat luar biasa sehingga ini harus didaftarkan dalam rekor MURI,” katanya dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Selasa.

Selain itu kata dia, dalam pelaksanaan KMAN VI di wilayah Adat Tabi panitia juga sedang mempersiapkan pembuatan tas noken raksasa sehingga diharapkan panitia bisa mendaftarkan ajang tersebut ke MURI.

Baca juga: Dinkes Kota Jayapura siapkan 20 tenaga medis saat KMAN

Baca juga: Pemkot Jayapura cek kesiapan masing-masing bidang panitia lokal KMAN

Rektor Universitas Muhammadiyah Papua itu mengharapkan agar pelaksanaan KMAN harus didengungkan ke seluruh nusantara bahwa ada pertemuan duta adat yang berkumpul di wilayah Adat Tabi yakni Kota dan Kabupaten Jayapura pada 24-30 Oktober 2022.

“Sehingga semua pihak harus mendukung dan menjadi mercusuar di Tanah Papua hingga ke seluruh dunia,” ujarnya.

Terkait itu pihaknya meminta agar semua masyarakat di Bumi Cenderawasih jangan melewatkan pelaksanaan KMAN karena masyarakat adat akan bermusyawarah, merumuskan masa depan untuk lebih baik ke depan.

“Dan mulai dari ujung timur untuk Indonesia yang kuat dan tangguh,” kata Partino yang juga sebagai Penasehat Himpunan Keluarga Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua.

Baca juga: Warga Buton siapkan masjid peserta KMAN diapresiasi Pemkot Jayapura

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *