News  

Gubernur Riau Minta Pengendara Tak Ngebut di Tol Pekanbaru-Bangkinang

Gubernur Riau Minta Pengendara Tak Ngebut di Tol Pekanbaru-Bangkinang

JawaPos.com–Gubernur Riau minta para pengendara menaati peraturan lalu lintas dan tidak kebut-kebutan saat melintas di Tol Pekanbaru-Bangkinang yang mulai dibuka untuk uji coba.

”Tetap patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas, jangan ngebut di jalan tol, karena jalan tol ini sangat rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Gubernur Riau Syamsuar seperti dilansir dari Antara, Kamis (27/10).

Dia meminta para pengendara untuk menjaga kecepatan kendaraan pada batas yang sudah ditetapkan yakni 80 kilometer per jam di jalan tol sepanjang 31 kilometer. Jalan tol rawan terjadi kecelakaan lalu lintas karena kondisi jalan yang mulus terkadang membuat pengendara terlena dan tidak sadar kendaraan sudah melaju dengan kencang sehingga susah mengendalikan kendaraan jika terjadi sesuatu.

Selain itu, pengendara juga diingatkan agar tidak mengantuk saat melintas di jalan tol. Sebab, hal tersebut bisa membahayakan pengendara.

”Mudah-mudahan sadar itu sehingga di tol Pekanbaru-Bangkinang ini tidak terjadi kecelakaan,” ujar Syamsuar.

Pembukaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang bersifat dalam uji coba. Sehingga, pengendara yang melintasi tidak dipungut bayaran.

”Iya, meski gratis selama masa uji coba, tapi tetap menggunakan kartu e tol,” ujar Syamsuar.

Namun diperkirakan, tarif tol Pekanbaru-Bangkinang ini sekitar Rp 35 ribu sekali jalan. Gubernur Syamsuar mengaku belum bisa memastikan berapa lama masa uji coba tersebut. Sebab, kewenangannya ada di pemerintah pusat.

”Batas waktu uji coba nanti ditetapkan kementerian dan ini adalah bagian dari operasional tol ini, sehingga tol ini bisa segera dimanfaatkan, sambil menunggu peresmian oleh Pak Presiden,” terang Syamsuar.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang. Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer.

Tol ini memiliki jalan utama sepanjang 40 kilometer serta enam jembatan dan dua area istirahat. Jarak dari Pekanbaru ke Bangkinang (Kabupaten Kampar) jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 25-30 menit.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *