News  

Gelar Rapimnas, Demokrat Segera Tentukan Arah Koalisi Hingga Bahas Capres 2024

Gelar Rapimnas, Demokrat Segera Tentukan Arah Koalisi Hingga Bahas Capres 2024

Suara.com – Partai Demokrat akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang akan digelar selama dua hari mulai 15 sampai 16 September 2022 di Jakarta. Agenda rapat membahas arah koalisi partai serta calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024.

“Partai Demokrat akan membahas mengenai rencana koalisi parpol yang sedang dijajaki oleh Partai Demokrat bersama tiga ribuan lebih pimpinan Partai Demokrat dan para wakil rakyat dari Partai Demokrat dari seluruh pelosok Indonesia di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2022,” kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Herzaky menjelaskan ketua umum partai berlambang Mercy Agus Harimurti Yudhoyono akan mendengarkan masukan-masukan dan aspirasi yang akan disampaikan tiga ribuan lebih para pimpinan Partai Demokrat dari seluruh Indonesia.

“Para pimpinan Partai Demokrat dari seluruh Indonesia selama ini telah bertemu dan menyerap aspirasi langsung rakyat dari 34 provinsi, 514 kabupaten/kotamadya, dan 83 ribu desa dan kelurahan,” tuturnya.

Baca Juga:
Demokrat Bakal Bahas Kenaikan Harga BBM Saat Rapimnas, Herzaky: Kami Konsisten Suarakan Penolakan

“Masukan-masukan ini tentunya sangat berharga dan diperlukan oleh Partai Demokrat dalam menentukan langkah kedepannya menuju Pilpres dan Pileg 2024,” sambungnya.

Menurutnya, Demokrat harus bisa menjadi partai pemerintahan di 2024 mendatang, terlebih agar bisa terus membantu rakyat. Untuk itu, kata dia, soal capres-cawapres dan koalisi akan dipertimbangkan secara komprehensif.

Ia menyampaikan, ada ambang batas presiden sebesar 20 persen, sedangkan Demokrat baru memiliki 9.36 persen kursi parlemen, membuat Demokrat harus berkoalisi dengan parpol-parpol parlemen lainnya.

“Apakah dalam rapimnas ini akan ada keinginan untuk berkoalisi dengan parpol mana saja, termasuk dengan Nasdem dan PKS yang selama ini sering disebut-sebut, sangat mungkin untuk dibahas dan direkomendasikan seperti apa jalan yang akan ditempuh oleh Partai Demokrat,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan nama capres-cawapres yang akan diusung Demokrat, Herzaky mengatakan, hal itu akan tergantung  dari masukan-masukan dan rekomendasi dari para pimpinan Partai Demokrat peserta Rapimnas.

Baca Juga:
Paripurna Pengumuman Pemberhentian Anies Sesuai Regulasi, Demokrat DKI: Tak Berkaitan Pemeriksaan KPK

“Suara dan harapan konstituen Partai Demokrat dari seluruh pelosok Indonesia tentunya bakal menjadi salah satu pertimbangan utama dalam menentukan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat,” pungkasnya.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *