News  

Durasi Avatar 2 Lampaui Avengers: Endgame

Durasi Avatar 2 Lampaui Avengers: Endgame

JawaPos.com – Penantian 13 tahun para fans Avatar bakal terbayar akhir tahun nanti. Avatar: The Way of Water atau Avatar 2 bakal memiliki run time yang superpanjang. Mengutip The Hollywood Reporter, sekuel besutan James Cameron itu bakal sepanjang 190 menit atau 3 jam 10 menit. Durasi itu lebih panjang daripada film pertama, yang tayang sepanjang 2 jam 41 menit.

Durasi tayang Avatar 2 itu terungkap lewat beberapa situs penjualan tiket bioskop Amerika Utara. Beberapa jaringan bioskop mengunggah durasi tersebut saat mencantumkan rating sensor film. Avatar 2 mendapat rating sensor PG-13 atau setara dengan 13+ versi lembaga sensor Indonesia. Hingga kini, belum ada konfirmasi atau komentar dari Disney maupun 20th Century terkait isu durasi itu.

Run time Avatar 2 tersebut bakal lebih panjang ketimbang Avengers: Endgame. Proyek di peringkat kedua film dengan pendapatan global tertinggi sepanjang masa itu tayang selama 3 jam 2 menit –belum termasuk end credits. Meski demikian, durasi panjang itu bukan hal baru bagi sang sutradara. Titanic, proyek besutannya yang rilis pada 1997, punya durasi 3 jam 14 menit.

Cameron pun menegaskan komitmennya menayangkan Avatar 2 dengan durasi panjang. Bahkan jika keputusannya itu kelak memancing protes penonton. Dalam wawancara dengan Empire pada Juli 2022, dia menyatakan tak paham dengan penonton yang komplain dengan film yang berdurasi panjang.

’’Aku tidak mau ada orang yang mengeluh tentang panjang film (Avatar 2), ketika di waktu lain mereka bisa duduk dan binge-watch serial TV selama delapan jam,’’ ungkapnya.

Sineas yang juga seorang pemerhati lingkungan itu menceritakan, anak-anaknya mampu duduk dan bertahan menonton lima episode serial TV –yang masing-masing sepanjang sejam– sekaligus. Selama nonton, mereka hanya diinterupsi keperluan ke toilet. Cameron menyatakan, hal itu pun harusnya dianggap jamak dalam menonton di bioskop.

’’Inilah perubahan cara pandang yang harus terjadi: tidak apa kalau kalian meninggalkan kursi (di bioskop) untuk ke toilet,’’ lanjutnya. Sutradara asal Kanada itu pun menilai, dia bisa membayangkan ulasan untuk Avatar 2 nantinya.

’’Aku sangat yakin, pasti ada bagian review yang menyebut ’film sepanjang tiga jam yang menyiksa…’ Ayolah, tak usah soroti itu,’’ imbuh Cameron.

Meski demikian, Avatar 2, tampaknya, tak akan jadi satu-satunya film ’’panjang’’ yang rilis pada tahun ini. Mengutip data IMDb dan Comscore, nyaris seluruh film-film blockbuster di era pandemi atau rilis pada 2021 hingga saat ini punya run time yang lama. Yakni, di atas 2 jam 30 menit. Contohnya, rilisan awal tahun The Batman yang tayang sepanjang 2 jam 55 menit.

Tren itu pun bakal berlanjut di rilisan musim dingin tahun ini. Babylon, misalnya. Film besutan Damien Chazelle yang dijadwalkan rilis pada Desember mendatang tersebut bakal berdurasi paling tidak 3 jam. Selain itu, bulan lalu, Marvel mengonfirmasi run time Black Panther: Wakanda Forever. Film yang bakal rilis mulai pekan ketiga November tersebut punya durasi 2 jam 41 menit.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : The Hollywood Reporter/fam/c12/len


Artikel ini bersumber dari www.jawapos.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *