News  

Doa Sholat Taubat dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara

Doa Sholat Taubat dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara

Suara.com – Setiap manusia pasti memiliki kesalahan yang pernah diperbuat dalam hidupnya. Untuk memperbaiki kesalahan itu, seorang Muslim dianjurkan berserah diri memohon ampunan kepada Allah SWT dan memanjatkan doa sholat taubat.

Anjuran mengerjakan sholat taubat dan membaca doa ini ada dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad. Berikut bunyi hadisnya.

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristigfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Tata cara dan doa sholat taubat berbeda dengan sholat pada umumnya. Berikut ini panduan sholat taubat beserta bacaan doa yang dibaca setelah sholat.

Baca Juga:
Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri, Lengkap dengan Doa dan Tata Cara

Tata Cara Sholat Taubat

Sholat taubat dikerjakan seorang diri, bukan berjamaah. Pasalnya, sholat taubat adalah sholat nafilah, yakni sholat yang disyariatkan tidak dikerjakan secara berjamaah. Berikut ini tata cara sholat taubat:

1. Membaca niat sholat taubat

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Baca Juga:
Tata Cara Sholat Jenazah, Lengkap dengan Niat dan Doa Orang Meninggal

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa Iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al Fatihah

5. Membaca surat-surat pendek dalam Alquran

6. Rukuk

7. I’tidal

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Lalu bangkit lagi sambil mengucap takbir untuk melanjutkan rakaat kedua, kemudian mengulang gerakan sholat dari poin 4 hingga 10

12. Tahiyat akhir

13. Salam

Doa Sholat Taubat

Setelah mengerjakan sholat taubat dengan niat yang sungguh-sungguh, mengakui kesalahan dan memohon pengampunan dari Allah SWT, seorang Muslim dianjurkan membaca doa sholat taubat.

Sebelum membaca doa tersebut, Anda dianjurkan memperbanyak membaca istigfar hingga 100 kali.

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Kemudian lanjutkan dengan membaca doa sholat taubat di bawah ini.

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Demikian ulasan mengenao tata cara beserta doa sholat taubat yang perlu dibaca. Semoga Allah mengampuni segala perbuatan buruk yang telah kita lakukan. Aamiin.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *