News  

Doa Qunut Nazilah untuk Musibah: Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Doa Qunut Nazilah untuk Musibah: Keutamaan dan Cara Mengamalkannya

Suara.com – Akhir-akhir ini beberapa wilayah di Indonesia kerapa diterpa bencana alam, seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Bahkan musibah ini juga banyak menyebabkan kerugian harta benda hingga memakan korban jiwa. Terkait bencana yang melanda Indonesia, umat Islam dianjurkan mengamalkan doa qunut nazilah untuk musibah. 

Bencana alam terjadi setiap tahun di sejumlah wilayah Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali, NTT, NTB dan lain sebagainya. Musibah yang terjadi dimasing-masing daerah sangatlah beragam. Mulai dari banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gempa dan lain-lain. 

Untuk menghindari musibah yang besar, sebagai umat Islam dianjurkan membaca doa qunut nazilah. Doa ini dapat dipanjatkan untuk meminta pertolongan Allah SWT. Lantas bagaimana bacaan doanya?  

Bacaan Doa Qunut Nazilah untuk Musibah dan Artinya 

Baca Juga:
10 Keutamaan Sholawat Nabi, Pujian kepada Rasulullah Dilantunkan saat Maulid Nabi 2022

Sebenarnya, bacaan doa qunut nazilah tidak ditentukan secara pasti. Hal ini lantaran menyesuaikan dengan kondisi yang dihadapi umat muslim. Namun ada baiknya jika kita membaca doa qunut nazilah, dengan yang  pernah dibaca Umar bin Khattab ketika tertimpa suatu musibah. 

Allâhummaghfir lilmuminina wal muminât, wal muslimina wal muslimât, wa allif bayna qulübihim, wa aslih dhâta baynihim, wansurhum alâ aduwwika wa ala aduwwihim 

Allâhummal an kafarata ahlil kitâbil-ladhina yukadh-dhibüna rusulak, wa yuqâtiluna awliyâ-ak 

Allâhumma khâlif bayna kalimati-him, wazaizil aqdãmahum wa anzil bihim basakal ladhi lâ tarudduhu anil qawmil mujrimin

Artinya: 

Baca Juga:
Surat Ayat Kursi dan Terjemahannya, Ini Cara Mengamalkannya

Ya Allah ! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka 

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab (yahudi dan nashrani) yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu 

Ya Allah! Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat 

Keutamaan Doa Qunut Nazilah 

Berikut ini beberapa keutamaan membaca doa qunut nazilah: 

1. Untuk mengalahkan serangan musuh 

Doa qunut nazilah dapat dipanjatkan untuk meminta pertolongan Allah SWT agar bisa mengalahkan musuh saat peperangan. Hal ini juga telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Umar yang kala itu mendengar Rasulullah SAW saat bangun dari ruku di rakaat terakhir sholat subuh. Saat itu, Rasulullah SAW membaca doa: 

 ‘Sami’allahu Liman Hamidah’ dan berdoa, ‘Ya Allah, laknatullah fulan, fulan, dan fulan’. 

2. Melawan wabah dan mencegah kesialan 

Selanjutnya, doa qunut nazilah dapat dipanjatkan ketika kita sedang dilanda suatu wabah. Seperti kemarin saat dunia dilanda wabah Covid19, umat Islam dapat melafalkan doa qunut nazilah ini. Doa ini juga dapat mencegah kita terkena kesialan. 

3. Meminta bantuan dalam kesusahan 

Seorang Muslim yang tengah mengalami suatu musibah dan kesulitan dapat mengamalkan bacaan doa qunut nazilah untuk dibebaskan dari kesusahannya.  

Cara Mengamalkan Doa Qunut Nazilah 

Doa qunut bisa dilakukan sendiri ataupun berjamaah. Bacaannya sendiri disesuaikan dengan kondisi yang tengah terjadi dan dapat pula dibaca keras oleh imam yang kemudian akan diamini bersama jamaah. 

Doa qunut nazilah dapat dibaca ketika rakaat terakhir di dalam sholat fardhu. Doa ini bisa ditambahkan dengan bacaan lain sesuai kondisi atau ketika kita mengalami suatu musibah. 

Itulah tadi doa qunut nazilah untuk musibah lengkap dengan arti, keutamaan, dan cara mengamalkannya. Jika mehgalami musibah jangan lupa membaca doa qunut nazilah ini ya! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *