News  

DKI Jakarta libatkan generasi muda rumuskan kebijakan publik

DKI Jakarta libatkan generasi muda rumuskan kebijakan publik

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melibatkan generasi muda dalam merumuskan kebijakan publik dan pembangunan di Ibu Kota karena kelompok usia tersebut memiliki kreativitas serta inovasi.

“Pemprov DKI pendekatannya memang kolaboratif dan ketika kolaboratif itu banyak dengan generasi baru,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam jumpa pers menjelang Forum Pemuda G20 (Youth 20) di Jakarta, Sabtu.

Anies menyebutkan, salah satu keterlibatan anak muda dalam proses pembangunan di Jakarta di antaranya membangun fasilitas publik Halte TransJakarta.

Anak-anak muda tersebut tergabung dalam Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) yang memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui ide kreatif.

Misalnya, desain peta dan petunjuk yang ada di Halte TransJakarta, kata dia, adalah buatan anak muda.

“Kami memang memproduksi tapi konten mereka yang menyiapkan. Lalu materi untuk gambaran kota kita, semua hasil teman muda,” katanya.

Baca juga: Anies usul empat isu pada pertemuan Y20

Baca juga: Anies dan Ridwan Kamil bertemu bahas KTT Youth 20

Jadi, kata Anies, pembangunan di Jakarta sifatnya bukan sekedar konsultasi dengan anak muda tapi kolaborasi.

Tak hanya itu, kata Anies, dalam hal pengembangan kewirausahaan di Jakarta melalui Jakpreneur yang mayoritas diisi oleh generasi muda dengan terobosan dan inovasi baru.

“Kalau ruang diberikan dalam pemerintahan, maka kami menyaksikan kebaruan yang jumlahnya akan banyak,” katanya.

DKI Jakarta menjadi tuan rumah bersama Bandung untuk pelaksanaan pertemuan Youth 20 dari 19 negara ekonomi besar dan satu organisasi pemerintahan Uni Eropa, 17-24 Juli 2022.

Isu prioritas yang akan dibahas dalam Y20, yakni terkait ketenagakerjaan, transformasi digital, keberlanjutan serta keberagaman dan inklusi.

Hasil pembahasan tersebut nantinya menjadi bahan masukan yang dibawa kepada pertemuan tingkat tinggi Konferensi G20 di Bali, November 2022.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *