News  

Delapan daerah di Kaltim diprakirakan alami hujan pada Sabtu

Delapan daerah di Kaltim diprakirakan alami hujan pada Sabtu

Delapan tersebut Samarinda, Penajam Paser Utara, Paser, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Kabupaten Berau

Balikpapan (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Balikpapan memprakirakan delapan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat dan petir pada Sabtu (13/8).

“Hujan lebat hingga petir dapat berdampak pada sejumlah hal, sehingga semua pihak harus waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan,” ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Jumat.

Dampak dari hujan lebat hingga petir yang dapat disertai dengan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang dan tanah longsor, sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak.

Baca juga: BMKG deteksi 14 titik panas di Kaltim

Peringatan dini terhadap prakiraan peristiwa ini pun telah ia sampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten/kota agar bisa dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Delapan daerah di Kaltim tersebut adalah Samarinda, Penajam Paser Utara, Paser, Mahakam Ulu, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Kabupaten Berau.

Rinciannya adalah di Kota Samarinda hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 14.00, 17.00, dan 20.00 Wita di 10 kecamatan, yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Sungai Pinang, Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Baca juga: BMKG prakirakan empat kabupaten di Kaltim hujan lebat disertai petir

Kabupaten Berau, hujan lebat dan hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita di delapan kecamatan, yakni Tanjung Redeb, Kelay, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Kecamatan Teluk Bayur.

Di Kabupaten Kutai Barat, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan sekitar pukul 17.00 Wita, di Kabupaten Kutai Kartanegara pun hampir seluruh kecamatan, yakni sekitar pukul 14.00, 17.00 dan 20.00 Wita.

Di Kabupaten Kutai Timur, sekitar pukul 14.00 Wita hujan petir di Kecamatan Kongbeng dan Muara Ancalong, sedangkan pukul 17.00 Wita hingga malam berpotensi terjadi di semua kecamatan.

“Untuk Kabupaten Mahakam Ulu, Paser, dan Penajam Paser Utara, hujan petir berpotensi terjadi di sejumlah kecamatan kabupaten tersebut pada siang dan sore besok,” kata Heni.

Baca juga: Tujuh daerah di Kaltim diprakirakan hujan lebat Senin-Selasa (1-2/8)

 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *