News  

China banggakan diri sebagai negara teraman di dunia

China banggakan diri sebagai negara teraman di dunia

Beijing (ANTARA) – China menjadi salah satu negara paling aman di dunia dengan tingkat rasa aman masyarakat yang mencapai 98,6 persen, kata Wakil Menteri Keamanan Publik China (MPS) Xu Ganlu, Kamis.

Mengutip hasil survei Biro Statistik Nasional pada 2021, dia mengatakan bahwa China merupakan salah satu negara dengan tingkat kasus pembunuhan, tindak pidana, dan kejahatan bersenjata terendah di dunia, yakni 0,5 kasus per 100.000 orang.

“Delapan jenis kasus kriminal besar, termasuk pembunuhan dan perkosaan, pada 2021 tercatat 64,4 persen lebih rendah dari 2012,” katanya di sela-sela Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China (CPC) di Beijing.

Kasus narkoba, lanjut dia, juga menurun sebesar 56,8 persen dan kasus perampokan anjlok 96,1 persen.

Xu juga mengatakan bahwa tingkat rasa aman masyarakat telah mencapai 98,6 persen atau meningkat 11 persen dibandingkan pada 2012.

“Saat ini, China telah diakui sebagai salah satu negara teraman di dunia,” kata anggota Komisi Kementerian CPC itu membanggakan diri.

Untuk menciptakan lingkungan sosial yang aman dan stabil secara berkelanjutan dan pembangunan ekonomi yang sehat, kata dia, personel keamanan publik telah berinisiatif melakukan reformasi manajemen di lingkungan internal instansi yang berfungsi sebagai lembaga kepolisian.

Lembaga itu menjalankan tugas di bidang kependudukan, mengatur lalu-lintas jalan raya, dan mengelola badan administrasi keluar-masuk masyarakat dan orang asing bersama dengan pihak keimigrasian, katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 3.799 petugas kepolisian tewas dan lebih dari 50.000 polisi terluka dalam menjalankan tugas selama 10 tahun terakhir.

Baca juga: Peneliti China rancang sistem AI-Chemist fasilitasi eksperimen kimia

Baca juga: Teknisi China sabet medali WorldSkills Competition di Kyoto, Jepang

Baca juga: China beri dukungan secara aktif kepada Indonesia di KTT G20

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *